Ingin Personal Branding di Media Sosial? Perhatikan 4 Hal Berikut

Personal branding sebetulnya bukan cerita baru dalam dunia karier. Tetapi, seiring perkembangan media sosial yang semakin cemerlang, personal branding dianggap sangat penting demi mendukung karier.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 09 Januari 2019  |  05:30 WIB
Ingin Personal Branding di Media Sosial? Perhatikan 4 Hal Berikut
Ilustrasi - Briozone

Bisnis.com, JAKARTA—Personal branding sebetulnya bukan cerita baru dalam dunia karier. Tetapi, seiring perkembangan media sosial yang semakin cemerlang, personal branding dianggap sangat penting demi mendukung karier.

Bagi Anda yang ingin memulai personal branding di media sosial, berikut tahapannya menurut konsultan karier dari konsultankarir.com Andin Andiyasari:

1.      Pilih platform media sosial yang tepat
 
Seorang yang ingin berkembang sebagai profesional, akan efektif bila memiliki profil LinkedIn yang kuat, dibandingkan platform lainnya. Sebaliknya, untuk seorang entrepreneur yang baru membangun bisnis, memiliki personal branding di Facebook dengan segmen pasar spesifik mungkin akan lebih kuat dampaknya.
 
Karena itu, tentukan dulu apa keahlian Anda yang berdampak signifikan, kemudian pilih media yang sesuai untuk mem-branding diri.
 
2.      Perhatikan konten

Tampilkan konten-konten yang terkait dengan kompetensi atau kekuatan Anda dengan tampilan yang menarik. Hal ini akan memperkuat persepsi pembaca mengenai keahlian Anda dalam bidang tertentu. Dalam hal ini reputasi Anda sebagai seorang ahli akan semakin dikenal.
 
3.      Kontinu, konsisten, dan jangka panjang

Akan lebih baik apabila Anda membangun fondasi yang kuat sebelum memiliki personal branding di media sosial. Jangan terburu-buru membangun personal branding yang tidak terarah.
 
Apabila sudah ditemukan keahlian dan kekuatan Anda yang menjadi merek diri Anda, baru mulai bangun personal branding secara konsisten dan kontinu. Anda perlu ingat bahwa personal branding dapat tercipta dalam jangka waktu yang tidak sebentar.
 
4.      Mulailah dengan harapan yang wajar

Membangun branding membutuhkan waktu, dan tidak akan langsung jadi dalam semalam. Memiliki harapan yang wajar akan membuat kita menjalaninya dengan rileks.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Personal Branding

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top