Mengembangkan Diri Tak Mengenal Usia, Begini Strateginya

Pertumbuhan pribadi/pengembangan diri atau personal growth lebih banyak diperhatikan ketika seseorang berada pada usia muda menginjak dewasa.
Tika Anggreni Purba | 10 Januari 2019 17:24 WIB
Ilustrasi - Thegrindstone

Bisnis.com, JAKARTA—Pertumbuhan pribadi/pengembangan diri atau personal growth lebih banyak diperhatikan ketika seseorang berada pada usia muda menginjak dewasa.

Padahal pertumbuhan  pribadi dalam nilai, prinsip, dan kedewasaan merupakan hal penting yang tetap harus dipelajari pada segala usia.

Masyarakat cenderung merasa terdorong untuk memperoleh hal yang instan ketimbang mengupayakan pertumbuhan pribadi dengan serius. Padahal banyak faedah dan manfaat yang bisa didapatkan ketika belajar mengembangkan diri.

Berikut ini beberapa alasan mengapa pengembangan diri atau pertumbuhan pribadi harus terus dipelajari, dilansirLifehack.org:

1. Hubungan lebih sehat

Orang yang senantiasa belajar dalam pertumbuhan pribadi memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, anak-anak, rekan kerja, pasangan, dan terlebih lagi dengan diri sendiri.

Ketika Anda memiliki hubungan yang berkualitas tinggi, kualitas hidup Anda juga meningkat. Sebaliknya, ketika hubungan tidak sehat dan bersemangat, Anda lebih banyak menerima kerugian. Untuk membangun hubungan yang sehat tentu harus mempelajari kemampuan interpersonal dan intrapersonal yang baik.

2. Mengurangi stres

Stres berdampak negatif terhadap tubuh secara keseluruhan. Dengan pengembangan pribadi untuk memanajemen stres dengan baik, situasi ini dapat lebih terkendali. Anda menjadi lebih mampu mengidentifikasi, mengelola, bahkan menghilangkan sumber stres.

3. Meningkatkan kesehatan

Pengembangan diri menurunkan risiko penyakit yang diakibatkan oleh stres yang tidak terkendali tadi. Artinya, semakin Anda mampu mengendalikan stres dengan baik, kesehatan fisik akan mengikuti.

4. Meningkatkan produktivitas

Musuh produktivitas adalah penundaan. Hal ini sering disebabkan oleh emosi yang tidak stabil. Pengembangan diri akan menolong Anda untuk bekerja dan beraktivitas dengan bijaksana. Misalnya, ketika Anda mempelajari cara mengelola waktu, mengendalikan stres, mengenali emosi, dan memotivasi diri, maka produktivitas dan kualitas Anda akan meningkat.

5. Peningkatan kontrol diri

Kontrol diri, kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku adalah kemampuan kognitif yang dapat dikembangkan dengan belajar.Dengan menjadikan pengembangan diri sebagai bagian rutin dan penting dalam hidup Anda, kontrol diri akan semakin baik sehingga hidup lebih terarah.

6.  Makin sukses

Standar sukses dari orang yang mempelajari pengembangan diri lebih dari sekadar kekayaan, popularitas, ketenaran, atau kekuasaan. Bagi mereka, kesuksesan diri merupakan pencapaian pribadi adalah mengenai proses, bukan hasil saja.

Tag : tips sukses
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top