Tips Tetap Produktif Saat Sibuk

Sebagai pemimpin di tempat kerja, pernahkah Anda menemukan bahwa tim Anda sangat sibuk bekerja namun tidak produktif?
Tika Anggreni Purba | 10 Januari 2019 17:29 WIB
Ilustrasi - Noonlife

Bisnis.com, JAKARTA—Sebagai pemimpin di tempat kerja, pernahkah Anda menemukan bahwa tim Anda sangat sibuk bekerja namun tidak produktif?

Katakanlah mereka datang ke kantor lebih pagi setiap hari, bahkan bekerja sampai lewat jam kantor. Akan tetapi, mereka seolah terlihat tidak produktif, juga tidak menghasilkan kinerja yang maksimal.

Hal ini bisa terjadi karena Anda salah menilai produktivitas tim Anda. Rajin bekerja bukanlah satu-satunya jaminan untuk menghasilkan kinerja yang baik. Berikut ini cara mengukur produktivitas tim dalam bekerja dilansir Lifehack.org:

1. Apakah tim memahami tujuan pekerjaan?

Produktivitas dapat tercapai apabila seluruh tim kerja menyadari dan memahami tujuan dari pekerjaan itu. Apabila anggota tim tidak mengetahui arah dan visi perusahaan, semuanya akan sia-sia.

2. Apakah tim berkomitmen pada tujuan?

Pemimpin yang baik akan mengarahkan anggotanya kepada satu tujuan yang jelas. Ada komitmen terhadap tujuan tersebut. Apabila tim dibuat bingung dengan kepemimpinan Anda yang tidak memiliki arah yang jelas, umumnya produktivitas tim pasti terganggu. Oleh sebab itu, sebagai pemimpin harus mampu mengarahkan tujuan yang jelas kepada tim.

3. Apakah Anda memiliki indikator kinerja?

Setelah mengkomunikasikan komitmen dan tujuan perusahaan, langkah selanjutnya adalah memiliki indikator yang tepat untuk mengukur kinerja tim. Ada perusahaan yang menggunakan indikator untung-rugi, ada pula yang menilai kinerja melalui hasil kerja.

Anda bisa memilih indikator sendiri untuk menilai produktivitas tim Anda. Misalnya tim marketing dinilai dari segi performanya untuk menghubungi klien, bertemu dengan klien, baru kemudian menilai kinerja melalui transaksi penjualan.

4. Apakah anggota tim memiliki kontribusi secara individu?

Anggota tim Anda harus memahami kontribusinya dalam sebuah tim secara individu. Mengukur produktivitas tim dapat dilakukan apabila setiap orang mengetahui, memahami, dan memiliki kontribusi pribadi terhadap tim

5. Apakah tim Anda bisa mengambil keputusan?

Kemampuan untuk membuat keputusan adalah cara yang efektif untuk mengukur produktivitas tim Anda. Apabila tim Anda mampu melakukan hal ini dengan pertimbangan yang matang, mereka layak diacungi jempol, sebab tidak semua orang dapat mengambil keputusan dengan tepat.

6. Apakah tim Anda fokus pada hal yang mendesak dan penting?

Dengan tujuan dan indikator yang jelas, sekarang Anda dapat menilai kinerja tim Anda ketika menghadapi sesuatu yang urgen dan prioritas. Tim yang baik akan bekerja dengan respons yang baik terhadap pekerjaannya. Anda harus dekat dan menyelami gaya bekerja mereka untuk mengetahui hal ini.

Tag : Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top