15 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

15 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun
Tika Anggreni Purba | 12 Januari 2019 10:59 WIB
Warga memetik jeruk Siam Madu atau jeruk Berastagi di perkebunan kawasan dataran tinggi Karo, Merek, Karo, Sumatra Utara, Selasa (3/4). - Antara/Anis Efizudin


Bisnis.com, JAKARTA—Makanan merupakan bagian penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk menguatkan sistem imun Anda, pilihlah makanan-makanan yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
Khususnya untuk memerangi virus-virus seperti flu, berikut ini makanan-makanan enak yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dilansir Healthline:

1. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu membangun kembali sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam peningkatakan produksi sel darah putih. Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis jeruk mulai dari jeruk bali, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya.

2. Paprika merah

Jenis makanan ini mengandung vitamin C jauh lebih banyak dibandingkan jeruk. Paprika merah juga kaya akan beta karoten yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Brokoli

Sayuran ini termasuk makanan super sumber berbagai vitamin dan mineral. Brokoli juga mengandung banyak antioksidan dan serat. Untuk mempertahankan kandungan yang menyehatkan itu, jangan masak brokoli terlalu matang.

4. Bawang putih

Bawang putih bermanfaat untuk memerangi infeksi, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat pengerasan pembuluh darat. Kandungan allicin pada bawang puyih meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Jahe

Tanaman ini dapat mengurangi peradangan dan mual. Jahe juga dapar membantu mengurangi rasa sakit dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

6. Bayam

Kekayaan utama bayam adalah kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Semuanya ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Mirip seperti brokoli, bayam juga akan terasa manfaatnya apabila tidak dimasak terlalu matang.

7. Yogurt

Yogurt tawar yang dipadukan dengan buah-buahan sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, yogurt merupakan sumber vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan menjadi pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

8. Almond

Kandungan vitamin E dalam almond bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu porsi atau sebanyak 46 biji almond setara dengan kebutuhan harian terhadap vitamin E.

9. Kunyit

Rempah kuning ini dapat mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Penelitan menunjukkan bahwa kandungan curcumin membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

10. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ia mengandung kadar epigallocatechin gallate, asam amino L-theanine, yang dapat melawan virus dan bakteri.

11. Pepaya

Pepaya mengandung kadar vitamin C, vitamin B, folat, dan kandungan lainnya yang bermanfaat pada tubuh.

12. Kiwi

Secara natural kiei mengandung banyak nutrien seperti folat, vitamin K, vitamin C, dan lain-lain. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi infeksi. Selain itu kandungannya juga membantu seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

13. Daging unggas

Daging ayam, bebek, kalkun, dan unggas lainnya mengandung vitamin B-6 yang bermanfaat untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Secara khusus sangat vital terhadap pembentukan sel darah merah.

14. Biji bunga matahari

Jenis biji-bijian ini mengandung fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit.

15. Kerang

Kerang ternyata mengandung zinc yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tag : kesehatan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top