7 Rahasia Agar Cepat Kaya di Usia 30-an

Memang, tidak ada yang bisa menjamin seberapa banyak harta dan kekayaan yang akan dimiliki seseorang. Tetapi setidaknya, untuk menjadi kaya pada usia muda, kita memerlukan strategi yang tepat.
Tika Anggreni Purba | 15 Januari 2019 18:00 WIB
Karyawan menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta, Senin (1/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Memang, tidak ada yang bisa menjamin seberapa banyak harta dan kekayaan yang akan dimiliki seseorang. Tetapi setidaknya, untuk menjadi kaya pada usia muda, kita memerlukan strategi yang tepat.

Membangun kehidupan dengan kekayaan tidak hanya sekadar berharap menjadi kaya. Akan tetapi, harus berjuang untuk menjadi kaya.

Bagi Anda yang berusia 30-an bukan berarti tidak mungkin menjadi kaya di usia muda. Begini strategi yang bisa dilakukan, dilansir Inc.

1. Setop menunda

Salah satu kegagalan orang muda dalam menilai kesempatan adalah berpikir bahwa dia akan memiliki lebih banyak waktu di masa depan. Mereka percaya bahwa dana pensiun dan kaya adalah persoalan di masa depan. Akhirnya, mereka memilih untuk menunda.

Langkah pertama untuk menjadi kaya adalah berhenti untuk menunda. Lakukan langkah untuk menabung dan berinvestasi sekarang juga.

2. Pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan

Tidak ada solusi ajaib untuk membuat Anda cepat kaya. Caranya adalah menggunakan logika, yaitu upayakan lebih banyak penghasilan dari pada pengeluaran, dan gunakan kelebihan uang untuk berinvestasi dengan bijak.

3. Investasikan diri Anda

Investasi diri sendiri berarti menyiapkan diri menjadi sumber daya terbaik untuk mengumpulkan kekayaan. Investasi ini dapat berupa pendidikan, pengembangan keahlian, dan membangun jejaring. Makin Anda terdidik, terampil, berpengalaman, dan terhubung dengan banyak orang, makin besar pilihan Anda untuk membangun pondasi keuangan yang lebih kuat.

4. Buat anggaran

Ingat langkah di poin 2 tadi, hasilkan lebih banyak uang, belanjakan lebih sedikit, dan investasi dengan bijak. Nah, untuk hal ini Anda membutuhkan anggaran belanja yang teratur. Anda bisa membuat batasan untuk pengeluaran Anda. Perhatikan dengan cermat mengenai pengeluaran.

5. Bayar utang

Sebelum menabung dan berinvestasi uang secara rutin, pastikan untuk melunasi utang. Hal ini terkait utang kartu kredit, utang pendidkan, bahkan pinjaman di bank. Jangan biarkan utang menggerogoti potensi Anda untuk menjadi orang kaya.

 6. Berani ambil risiko

Seorang yang muda harus berani mengambil risiko. Katakanlah Anda berinvestasi, Anda harus memiliki keberanian yang tinggi. Atau berani ambil risiko berhenti bekerja untuk bisnis. Atau kesempatan lainnya, perlu Anda pikirkan dengan matang dan berani mengambil risiko.

7. Diversifikasi

Salah satu cara sukses dalam finansial adalah dengan mendiversivikasi usaha Anda. Jangan hanya fokus pada satu keterampilan, jangan hanya mengandalkan satu jenis investasi, dan jangan mempertaruhkan seluruh tabungan.

Cobalah untuk mengatur cadangan dalam bisnis Anda dan tetap mencari peluang baru di tempat lain.

 

Tag : inspirasi, tips keuangan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top