Menggambar Bisa Membangun Karakter Anak, Ini Metode Tepatnya

Menggambar memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan karakter anak. Aktivitas ini telah terbukti oleh banyak penelitian mampu memberi stimulus positif.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  15:20 WIB
Menggambar Bisa Membangun Karakter Anak, Ini Metode Tepatnya
Ilustrasi. - Bisnis/Rahmayulis Saleh
Bisnis.com, JAKARTA — Menggambar memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan karakter anak. Aktivitas ini telah terbukti oleh banyak penelitian mampu memberi stimulus positif pada kreativitas anak yang akan mendorong banyak kemampuan lain di masa dewasa. 
 
Psikolog anak dan remaja Samantha Ananta mengatakan menggambar dapat meningkatkan kemampuan memori anak dan rasa percaya dirinya. Selain itu, dengan menggambar anak akan merasa lebih gembira. 
 
"Art adalah penghubung untuk mengaktifkan sisi kanan otak kita, bisa meningkatkan kemampuan problem solving.  Semakin kreatif anak, kemampuan problem solving-nya semakin tinggi dan bagus," kata Samantha.  
 
Dia menjelaskan, ada satu riset dari Michigan University, Amerika Serikat yang menyatakan bahwa anak-anak yang aktif melakukan kegiatan seni sejak kecil lebih bisa berpikir out of the box
 
Anak-anak tersebut saat dewasa kelak lebih inovatif dalam menyelesaikan permasalah hidup. 
 
"Sekarang banyak sekali anak-anak atau remaja yang sudah punya perusahaan baru, karena untuk memvisualisasikan ide itu menjadi sangat mudah karena dia sudah terbiasa menggambar sejak kecil," katanya.  
 
Namun, peran orang tua dalam ini juga sangat penting untuk memberi stimulus agar anak tak berhenti berkreasi. Samantha menyarankan agar orang tua juga memberi sumber-sumber inspirasi seperti pergi ke museum, ikut kelas menggambar atau membiarkan anak menggambar bersama teman-teman mereka. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan anak

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top