8 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Agar Aman Saat Bekerja

Bagi Anda penderita diabetes yang aktif bekerja, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengelola diabetes di tempat kerja, mulai dari menguji tingkat gula darah hingga berkomunikasi dengan atasan
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 14 Februari 2019  |  19:34 WIB
8 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Agar Aman Saat Bekerja
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda seorang penderita diabetes, apa yang Anda lakukan untuk mengelola kadar gula darah di tempat kerja? Dan bagaimana cara Anda memerika gula darah di tempat kerja?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerapkali dilayangkan kepada penderita diabetes karena dikhawatirkan menjadi kendala dalam melakukan pekerjaan di tempat kerja.

Ada beberapa komplikasi yang berhubungan dengan penyakit diabetes, seperti kerusakan mata, masalah jantung dan ginjal, radang kaki, serta kondisi kulit dan mulut.

Sementara pada penderita diabetes bekerja di kantor, biasanya mereka menghadapi kesulitan-kesulitan tertentu lainnya. Disinilah diperlukan manajemen diabetes yang tepat di tempat kerja.

Penderita diabetes kerap merasa kesulitan bekerja dalam shift yang berbeda lantaran waktu diet, tidur, dan obat-obatan yang harus seimbang. Penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 kadang kehilangan waktun makanan karena terlalu sibuk bekerja. Ini akan sangat memengaruhi tingkat kadar glukosa darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari Boldsky, baru-baru ini, mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes lebih sering menghadapi stigma di tempat kerja karena memantau kadar glukosa darah, pembatasan diet, suntikan insulin, obesitas dan serangan hipoglikemik.

Karena stigma itulah, mereka mengalami perasaan cemas, takut, menyalahkan, bersalah, malu, hingga rendah diri. Akibatnya, mereka bisa mengalami depresi yang selanjutnya dapat meningkatkan tingkat komplikasi, seperti disfungsi seksual, masalah makrovaskuler, dan retinopati.

Berikut ini ada beberapa cara efektif untuk mengelola diabetes di tempat kerja yang bisa menjadi referensi bagi penderita diabetes.

Menguji gula darah saat bekerja

Dalam mengelola diabetes, menguji kadar gula darah di tempat kerja menjadi hal terbaik yang bisa Anda lakukan.

Akan lebih baik jika Anda menyediakan glukometer dan suntikan insulin yang tersedia di meja kerja sehingga ketika merasa perlu mengonsumsi insulin, Anda akan dengan cepat melakukannya.

Anda juga dapat menambahkan pengingat di telepon sebagai pengingat bagi Anda untuk memeriksa gula darah atau mengambil insulin ketika memiliki jadwal yang sibuk.

Sarapan sehat

Sarapan yang baik diperlukan untuk penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, sarapan berenergi tinggi dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam hiperglikemia postprandial keseluruhan (PPHG) pada pasien diabetes sepanjang hari.

Jika jam kantor Anda lebih awal, siapkan sarapan Anda pada malam sebelumnya sehingga bisa memakannya langsung di pagi hari. Nikmati shake buah segar, sarapan burrito, telur orak-arik dan roti bakar, sereal gandum dengan yogurt serta buah-buahan.

Sering beristirahat

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda berada di luar ruangan, Anda cukup berolahraga. Tetapi jika Anda memiliki pekerjaan kantor, Anda harus beristirahat setiap 1 atau 2 jam untuk mengelola diabetes di tempat kerja.

Pasalnya, waktu duduk yang lama dapat menyebabkan kematian kardiovaskular dini dan peningkatan risiko obesitas. Berjalan-jalanlah sebentar di sela-sela pekerjaan, berjalan setelah istirahat makan siang atau mengikuti rapat akan mengurangi kadar glukosa.

Camilan sehat

Makan camilan sehat sepanjang hari dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda. Tetapi sangat penting untuk memilih makanan ringan yang tinggi serat, protein dan lemak sehat karena nutrisi ini akan mengontrol kadar glukosa darah Anda.

Beberapa pilihan camilan terbaik adalah telur rebus, yogurt dengan buah beri, kacang, irisan apel dengan selai kacang, dan kerupuk gandum.

Turunkan stres

Bagi penderita diabetes, stres dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan. Karena itu, penting untuk menurunkan stres guna mengontrol kadar gula darah Anda.

Untuk mengurangi stres, cobalah melakukan meditasi, bernapas dalam-dalam atau berjalan-jalan ringan di luar kantor.

Banyak minum air

Minum banyak cairan sepanjang hari dapat membantu Anda mengelola diabetes di tempat kerja. Selain makan tepat waktu, tubuh Anda harus selalu terhidrasi sepanjang waktu, terutama bagi penderita diabetes. Hindari minum kafein dan minuman manis karena dapat membuat tubuh Anda dehidrasi.

Perhatikan kaki

Mengenakan alas kaki yang tepat juga merupakan bagian dari manajemen diabetes di tempat kerja. Jika pekerjaan Anda menuntut untuk selalu berdiri di atas kaki Anda, kenakan alas kaki yang sesuai untuk mencegah cedera kaki.

Mengenakan alas kaki yang ketat bisa menyebabkan lecet, bengkak, bintik-bintik merah dan sayatan. Selain itu, Anda harus mengenakan kaus kaki penyerap untuk mencegah kaki merasakan panas dan dingin ekstrem serta menjaga kulit kaki tetap lembut, menurut American Diabetes Association.

Bicaralah dengan kolega atau atasan

Ada banyak penderita diabetes yang tidak mau berbagi apapun tentang kondisi mereka. Tetapi penting untuk membuat mereka sadar akan tanda-tanda peringatan gula darah rendah supaya Anda bisa mendapat bantuan perawatan.

Beri tahu mereka juga bahwa Anda perlu mengambil waktu untuk istirahat sejenak antara bekerja untuk memeriksa kadar gula darah sehingga Anda bisa mengelola diabetes dengan lebih baik dan tepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, diabetes

Sumber : Boldsky

Editor : Fajar Sidik
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top