Ini Tips Aman Beli Barang Elektronik Lewat Online

Berbelanja produk secara online memang menawarkan sejumlah kemudahan dan kepraktisan untuk para penggunanya. Meski menawarkan kepraktisan, ada beberapa jenis produk yang masih diragukan untuk dibeli secara online.
Asteria Desi Kartika Sari | 13 Maret 2019 21:37 WIB
Ilustrasi e-commerce - CC0

Bisnis.com, JAKARTA - Berbelanja produk secara online memang menawarkan sejumlah kemudahan dan kepraktisan untuk para penggunanya. Meski menawarkan kepraktisan, ada beberapa jenis produk yang masih diragukan untuk dibeli secara online.

Salah satunya adalah produk elektronik yang dianggap masih cukup sensitif jika dibeli melalui dunia maya karena takut rusak dan minim jaminan.

Namun Anda tak perlu kuatir. Salah satu e-commerce Shopee memberikan beberapa tips untuk aman membeli produk elektronik dengan pintar.

Pertama, carilah ulasan produk di era digital seperti sekarang, deretan medium mulai dari blog, sampai ke Instagram dan YouTube sudah diramaikan dengan konten-konten ulasan influencer dan penggiat.

Untuk mendapatkan pembahasan produk elektronik secara detail, carilah akun-akun yang gemar mengulas produk secara berkala. Melalui konten ulasan ini, para pengguna bisa dibantu untuk menentukan produk pilihannya.

Kedua, periksa status toko online dan lihat ulasannya “Apakah toko online tersebut terpercaya?”Pertanyaan ini seringkali muncul di benak para calon pembeli dalam proses pembelian secara online.

Di platform belanja online seperti Shopee, para calon pembeli bisa langsung melihat status toko yang diukur dari aktivitas transaksi yang berlangsung di toko tersebut.

Ketiga, bandingkan, bandingkan, bandingkan!Keberadaan sejumlah platform belanja online memudahkan para pengguna untuk bisa membandingkan rincian jenis barang pilihan, penawaran, hingga cara pembayaran.

Penting untuk memperhatikan kualitas serta detail rincian produk pilihan. Ini berlaku terutama apabila ingin membeli produk elektronik. Apabila ada toko online yang memasang harga jauh di bawah harga pasar, pastikan untuk mengetahui orisinalitas dari produk yang dijual, dan garansi yang ditawarkan.

Keempat, pilih platform belanja online dengan pilihan pembayaran yang aman. Banyak platform belanja online kini hadir dengan serangkaian metode pembayaran untuk memenuhi kebutuhan calon pembeli.

Kelima, cek rekomendasi produk di platform belanja online pilihanmu Platform belanja online sekarang mulai mengkurasikan produk-produk pilihan untuk memudahkan para pengguna dalam memilih produk yang berkualitas.

Shopee, misalnya, menggunakan teknologi AI untuk merekomendasikan produk-produk yang relevan bagi para pengguna berdasarkan pencarian dan pola pembelian mereka untuk memberikan pengalaman belanja yang sesuai untuk setiap pengguna.

Tag : e commerce
Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top