Simak 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Apakah Anda merasa energi Anda berkurang setelah tengah hari berlalu? Ada alasan biologis mengapa energi manusia terkuras pada siang menjelang sore.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 12 April 2019  |  12:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Apakah Anda merasa energi Anda berkurang setelah tengah hari berlalu? Ada alasan biologis mengapa energi manusia terkuras pada siang menjelang sore.

Secara biologis, tubuh manusia memang dirancang untuk tidur sepanjang malam dan tidur sebentar pada siang hari.

Khususnya pada pukul 13.00-15.00, suhu tubuh turun dan kadar hormon melatonin naik sehingga mengisyaratkan tubuh untuk tidur. Sayangnya, budaya modern tidak mendukung hal ini. Persepsi masyarakat menilai bahwa orang yang tidur siang menandakan kemalasan.

Menurut laporan Psychology Today, tidur siang merupakan hal penting yang dibutuhkan seseorang untuk makin produktif dan penuh motivasi. Manusia membutuhkan tidur siang sejenak untuk memulihkan kembali energi dan siap bekerja lebih semangat.

Apa saja manfaat dari tidur siang?

1. Meningkatkan konsentrasi

Tidur siang yang tepat waktu dapat meningkatkan fokus dan kemampuan berpikir dengan penuh konsentrasi. Aktivitas otak akan sama kuatnya seperti di pagi hari selepas tidur siang.  

2. Meningkatkan fleksibilitas kognitif

Tidur siang dapat meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan dalam waktu yang cepat. Hal ini disebut dengan fleksibilitas kognitif. Pemikiran yang fleksibel diperlukan untuk menerima informasi baru, menilai, dan mengambil keputusan.

3.  Meningkatkan daya ingat dan pembelajaran

Tidur sangat penting meningkatkan kemampuan otak Anda untuk memproses memori. Tidur siang dapat membantu mencerna informasi yang baru dipelajari di otak, dan dapat meningkatkan daya ingat.

4. Mempengaruhi mood Anda

Tidur siang membantu meningkatkan perubahan emosional, termasuk meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatasi frustrasi.


5. 
Meningkatkan kreativitas

 Tidur siang singkat dapat meningkatkan aktivitas di otak kanan, yaitu area otak yang mengatur kreativitas dan wawasan.

6. Mengurangi stres

Tidur siang dapat mengatasi stres,apalagi jika Anda memang kurang tidur. Kegiatan tidur siang mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh pada orang yang kurang tidur.

7. Mempertahankan penampilan fisik

Tidur memulihkan tubuh, luar dan dalam. Kurang tidur bisa membuat Anda terlihat lelah, kurang sehat, dan kurang menarik. Tidur siang dapat membuat Anda terlihat muda, sehat, dan penuh energi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tidur

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top