Perlukah Suplemen Tambahan Saat Fitness?

Bagi Anda yang gemar olahraga untuk membentuk tubuh ideal, pertanyaan seputar susu atau suplemen fitness pasti sering muncul dalam pikiran. Apakah suplemen tambahan penting bagi pehobi olahraga?
Tika Anggreni Purba | 16 April 2019 06:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Bagi Anda yang gemar olahraga untuk membentuk tubuh ideal, pertanyaan seputar susu atau suplemen fitness pasti sering muncul dalam pikiran. Apakah suplemen tambahan penting bagi pehobi olahraga?

Berbagai jenis suplemen fitness dijual di pasaran untuk memenuhi kebutuhan olahraga seperti whey, gainer, creatine, fat burn, dan BCCA. 

Whey merupakan suplemen yang mengandung protein tinggi dari susu sapi. Dengan daya serap yang tinggi whey dapat membantu proses pertumbuhan otot menjadi sempurna. 

Selain whey, ada pula gainer yang bermanfaat untuk membangun bentuk tubuh ideal dengan menambah berat badan secara signifikan. 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan ukuran dan kekuatan otot, suplemen jenis creatine dapat membantu. Creatine berguna mengikat massa air dalam tubuh dan membentuknya menjadi otot. 

Sementara bagi mereka yang baru saja memulai fitness memerlukan BCAA yang berfungsi membentuk massa otot dengan cara mengikat cairan dalam tubuh. 

Apakah konsumsi jenis suplemen ini aman dan diperlukan? Menurut nutrisionis Rita Ramayulis, suplemen diperlukan bagi mereka yang gemar berolahraga. Hal ini penting karena tubuh memerlukan asupan tambahan saat tubuh lebih aktif. Apalagi, bagi mereka yang ingin membentuk otot diperlukan protein.

Dia menyarankan untuk mengonsumsi suplemen yang teruji klinis serta mengandung bahan-bahan yang aman bagi tubuh. 

Menurut CEO Muscle First Clinton Augusto K, produk Muscle First merupakan salah satu produk suplemen olahraga yang sudah lulus uji Badan Pengawas Obat xan Makanan (BPOM) RI dan juga mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam peluncuran kemasan baru suplemen olahraga Muscle First di Jakarta (15/4/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suplemen kesehatan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top