Ilustrasi/.steamfeed.com
Fashion

Ini Tips agar Tak Tekor Mewujudkan Bulan Madu Impian

Asteria Desi Kartika Sari
Senin, 29 April 2019 - 21:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bulan madu menjadi hal yang ditunggu-tunggu pasangan yang baru menikah. Namun, perlu perencanaan yang baik agar bisa mewujudkan bulan madu impian agar biaya yang dikumpulkan tak mengganggu perencanaan acara pernikahan dan kebutuhan lainnya.

Perencana keuangan Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan komposisi biaya yang harus disisihkan tergantung kebutuhan tiap pasangan. Pilihan tempat untuk bulan madu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan biaya.

Ada bulan madu yang murah, ada juga yang paling mahal hingga ke luar negeri. Oleh karena itu, pasangan harus dapat memperhitungkan kebutuhan mereka.

“Mau yang murah ataupun mahal semuanya bisa, komposisi balik lagi ke pasangan maunya bagaimana. Yang perlu diingat sebaiknya jangan berutang karena akan memberatkan nantinya,” ujarnya, seperti dikutip Bisnis, Senin (29/4/2019).

Tejasari menuturkan merealisasikan rencana bulan madu dengan berutang bisa menimbulkan masalah. Apalagi, jika anggaran untuk acara pernikahan saja sudah membengkak.

“Jadi utangnya semakin besar, itu membahayakan keuangan atau cashflow setelah acara pernikahan,” jelasnya.

Bulan madu yang direncanakan mendadak pun membuat banyak pasangan tidak dapat mengambil keputusan secara bijak. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya over budget.

Tejasari menerangkan boleh saja menggunakan kartu kredit untuk membantu mewujudkan impian tersebut. Asalkan, pasangan tersebut dapat memastikan dapat melunasi utangnya dengan tepat waktu, atau tidak hanya membayar cicilan dengan minimum, karena akan ada bunga yang dapat membuat utang semakin membengkak.

“Itu yang jadi pekerjaan rumah,” tegasnya.

Adapun opsi lain yang dapat dipertimbangkan adalah menunda bulan madu hingga bujet yang mencukupi sudah terkumpul atau menundanya hingga segala permasalahan pascaacara pernikahan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro