Teh hijau/Boldsky
Fashion

Tea Pairing, Agar Minum Teh Terasa Lebih Nikmat

Tika Anggreni Purba
Rabu, 1 Mei 2019 - 05:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Selama ini kita mengenal wine pairing dan coffee pairing, tetapi jarang sekali mendengar tea pairing. Padahal minum teh juga ada teknik paduan makanannya agar minum teh terasa lebih nikmat.

Orang Indonesia sering minum teh dengan camilan yang digoreng. Gorengan merupakan salah satu kudapan yang paling diminati masyarakat. Mereka bilang tanpa gorengan, minum teh kurang afdal rasanya.

Minum teh dengan makanan berlemak atau makanan yang digoreng sebetulnya cukup bijaksana. Hal ini karena teh mengandung katekin. Senyawa ini dapat membantu pembakaran lemak dan metabolisme lemak.

Menurut pakar teh dan head of tea procurement Unilever Indonesia Nunung Dwiputra tea pairing sudah ada di berbagai negara. Teh dapat dipadukan dengan makanan yang tepat  sesuai dengan jenisnya masing-masing.

“Ada harmonisasi aroma teh dan makanan,” katanya pada acara Jakarta Food Editor's Club Unilever Indonesia di Tangerang (30/4/2019).

Menurutnya ada beberapa jenis perpaduan makanan dan teh yang paling tepat.Teh tarik cocok diminum bersama dengan kue kering atau kukis. Karena teh tarik mengandung susu, minuman itu cocok diminum dengan makanan yang mengandung susu juga.

Bagi pencinta teh dengan rasa seperti teh melati, teh lemon, teh vanila, dan teh strawberry, dapat mengonsumsinya dengan kue kering dengan rasa karamel atau kelapa.

Khusus teh vanila dapat dikonsumsi dengan kue kering dengan rasa cokelat. Aroma manis vanila cocok dengan makanan yang mengandung cokelat dan susu.

Sementara itu teh hijau atau green tea cocok dipadukan dengan makanan yang digoreng seperti singkong goreng, Pairing yaang tepat untuk makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan ubi goreng. Green tea steaming cocok dengan ikan atau seafood.

Black tea cocok untuk makanan berlemak yang memiliki aroma yang kompleks seperti tahu goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro