7 Tips Atasi Stres Saat Sulit Cari Pekerjaan

Dalam proses mencari pekerjaan, sering kalo stres melanda. Seseorang bisa menjadi sangat khawatir, tegang, dan tertekan. Terkadang, mengikuti wawancara kerja maupun tes terasa sangat memberatkan.
Tika Anggreni Purba | 13 Mei 2019 19:21 WIB
Ilustrasi - Digitaltrends

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam proses mencari pekerjaan, sering kalo stres melanda. Seseorang bisa menjadi sangat khawatir, tegang, dan tertekan. Terkadang, mengikuti wawancara kerja maupun tes terasa sangat memberatkan.

Berikut ini beberapa cara mengelola stres secara positif menurut panduan mencari kerja yang dirilis Kelly Services:

1. Menjauh dari situasi

Saat Anda merasa tertekan terhadap suatu situasi, silakan untuk mundur sejenak dari situasi itu. Setelah itu amati bagaimana diri Anda bereaksi terhadap situasi itu dan mencari tahu apa yang membuat Anda tertekan.

2. Atur napas

Ketika merasa khawatir, ritme napas kita akan berubah menjadi lebih pendek, cepat, dan tidak teratur. Saat hal ini terjadi, ambil waktu sejenak untuk mengatur napas dengan menarik napas dalam hingga Anda merasa lebih tenang dan rileks

3. Rileks

Ketegangan mental dalam pencarian kerja bisa jadi membuat tubuh Anda tegang seperti di otot wajah, bahu, tangan, dan punggung. Untuk mengurangi ketegangan itu, silakan ambil waktu untuk pijat atau melakukan hal-hal yang membuat Anda lebih rileks.

4. Makan

Pastikan untuk makan dengan teratur dengan menu makanan yang sehat dan seimbang. Kadang kala ketika stres kita sulit untuk menelan makanan, karena itu makanlah dengan tenang dan perlahan. Tidak perlu terburu-buru, tetapi pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan dengan baik.

5. Jangan berusaha untuk sempurna

Anda akan makin stres jika berusaha untuk menjadi sempurna di saat Anda tertekan. Lebih baik dalam masa-masa seperti ini, Anda belajar untuk memikirkan fokus Anda, apa yang ingin Anda capai, dan sebagainya.

6.Jangan khawatir

Jangan membuang waktu untuk mengkhawatirkan sesuatu karena itu tidak akan mengubah situasi Anda. Cobalah untuk mengubah kekhawatiran menjadi sebuah tindakan nyata yang membuat Anda merasa lebih positif.

7.  Berpikir positif

Jangan biarkan kekacauan menyiksa Anda, izinkan diri Anda tertawa. Dengan tertawa Anda akan merasa lebih santai dan saraf-saraf yang tegang menjadi lebih santai.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup