Museum Batik Pekalongan/Bisnis-Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019
Fashion

TIM JELAJAH JAWA BALI 2019 : Rehat Saat Mudik, Yuk Membatik di Pekalongan

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Jumat, 31 Mei 2019 - 18:27
Bagikan

Bisnis.com, PEKALONGAN -- Pemudik yang melalui jalur Pantura mungkin bisa melipir ke Pekalongan dan menyambangi museum batik peraih penghargaan dari Unesco.

Museum ini beralamat di Jalan Jetayu Nomor 1 Pekalongan dan sangat mudah ditemukan di pusat kota. Apalagi, dulunya museum ini sempat digunakan sebagai Balai Kota, Kantor Wali Kota, hingga komplek perkantoran pemerintah kota.

Jika berkunjung ke Museum Batik Pekalongan, arsitektur Belanda akan sangat kental terasa. Maklum, Museum Batik Pekalongan juga merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Museum Batik Pekalongan menyimpan banyak koleksi batik tua hingga modern dengan berbagai corak. Secara garis besar, koleksi batik dibagi dua yakni motif pedalaman dan pesisiran.

Selain itu, beragam batik dari berbagai daerah Nusantara juga tampil di museum ini. Bahkan, beberapa batik juga mendapat pengaruh dari  budaya mancanegara seperti India, China, dan Jepang.

Nah, di sini pemudik tidak hanya bisa melihat berbagai koleksi batik dan mendapat informasi mengenai budaya Indonesia. Di Museum Batik pemudik pun bisa mencoba langsung cara membatik.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019 pun tidak mau ketinggalan untuk coba membatik. Ternyata, membatik tidak semudah yang dilihat lho. Penasaran seperti apa? Silakan cek videonya!

Dalam program Jelajah Jawa-Bali 2019, Bisnis Indonesia dan Samsung juga menggelar kompetisi adu kreatif membuat vlog tentang kuliner saat berbuka puasa atau beragam tempat makanan di jalur mudik. Informasi selengkapnya ada di akun Instagram @bisniscom.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pangestu Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro