Monita Tahalea : Platform Streaming Musik Harus Dimaksimalkan Musisi

Musisi Monita Tahalea berpendapat bahwa kehadiran platform streaming musik yang marak saat ini seperti Joox, iTunes, Spoify, dan lain-lain merupakan peluang yang hadir akibat perkembangan teknologi dan digitalisasi di bidang musik
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 19 Juni 2019  |  16:22 WIB
Monita Tahalea : Platform Streaming Musik Harus Dimaksimalkan Musisi
Monita Tahalea - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi Monita Tahalea berpendapat bahwa kehadiran platform streaming musik yang marak saat ini seperti Joox, iTunes, Spoify, dan lain-lain merupakan peluang yang hadir akibat perkembangan teknologi dan digitalisasi di bidang musik.

Menurutnya, hal tersebut harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para musisi untuk bisa menyebarkan hasil karya mereka kepada masyarakat lebih luas.

“Aku melihatnya ini sebagai hal positif untuk kami sebagai musisi yah, karena punya saluran yang lain di luar yang major sekarang ini,” katanya.

Pasalnya, dia melanjutkan, saat ini banyak para musisi yang belum tertampung dalam major musik atau memang memilih untuk menerbitkan hasil karyanya secara independen melalui berbagai kanal distribusi yang tersedia.

Oleh sebab itu, keberadaan platform seperti itu akan membantu baru para musisi baru yang ingin mengenalkan lagu mereka. Selain itu, tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat saat ini telah menggunakan platform-platform tersebut untuk mendengarkan musik sehingga ada potensi besar disana.

Akan tetapi, Monita juga mengungkapkan bagi para musisi independen yang ingin mendistribusikan karyanya melalui digital harus paham dengan kebijakan yang ditawarkan oleh penyedia, karena bagi mereka [musisi independen] tidak ada label yang bakal mengurusi masalah tersebut.

“Setahu aku yah, kalau musisi yang sudah masuk label itu soal distribusi digital di pegang sama labelnya. Jadi si penyanyi ngga perlu ribet ngurusin lagi. Tapi baiknya semua, baik yang major atau yang indie bisa mengerti mengenai perkembangan di industri kita sekarang ini,” imbuhnya.

Pun demikian Monita mengungkapkan bahwa sebagai seorang seniman, para musisi tidak hanya berpikir terus menghasilkan karya tetapi juga bagaimana menyebarluaskannya kepada seluruh pendengar melalui berbagai format, termasuk di dalamnya adalah keberadaan bentuk fisik atau langsung melalui konser panggung.

“Tentunya semangat untuk terus berkarya agar musik kita bisa dinikmati orang itu engga cuma dari digital aja kan, harus bisa juga sampai ke panggung-panggung. Intinya jangan gampang puas lah kalau jadi musisi itu,” ujarnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musisi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup