Tips Kerja di Coworking Space

Munculnya coworking space menjadi angin segar bagi para pengusaha baru atau rintisan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 22 Juni 2019  |  13:51 WIB
Tips Kerja di Coworking Space
Ruang kerja bersama (coworking space) Greenhouse di Kuningan, Jakarta. - dok. Greenhouse

Bisnis.com, JAKARTA – Munculnya coworking space menjadi angin segar bagi para pengusaha baru atau rintisan.

Di tengah mahalnya harga sewa kantor, coworking space menjadi alternatif berkantor yang terjangkau dengan biaya sewa kantor dibagi bersama pengguna lain.

Namun, bagi yang belum terbiasa bekerja di coworking space terkadang sulit berkonsentrasi bekerja. Demi menghindari hal itu terjadi, berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan adaptasi di coworking space dilansir dari spacestock.com:

1. Membawa kabel rol

Pengelola coworking space biasanya menyediakan colokan atau stop kontak untuk mendapatkan aliran listrik.

Keberadaan setop kontak sangat penting bagi perusahaan yang sedang menjalankan bisnisnya. Apalagi kebanyakan perusahaan yang bekerja di coworking space adalah perusahaan berbasis teknologi. Hampir bisa dipastikan, tanpa colokan kerja perusahaan akan terhambat.

Berbeda dengan setop kontak yang sudah pasti disediakan dalam jumlah yang cukup, kabel rol jutrsu tersedia dalam jumlah yang terbatas, sehingga perlu ditambahkan agar pekerja bisa menggunakan colokan secara fleksibel.

2. Membawa air minum yang cukup

Untuk menjaga konsentrasi, manusia harus memiliki cairan tubuh yang cukup. Untuk itu lebih baik kamu membawa botol air minum sendiri. Kamu bisa sekali isi botol air minum lalu membawanya ke tempat kerja kamu. Dengan begini, kamu akan lebih berkonsentrasi.

3. Penuhi fasilitas sesuai kebutuhan

Coworking Space biasanya akan menyediakan fasilitas dasar seperti akses WiFi, ruang rapat, dapur, ruang untuk beristirahat, dan fasilitas-fasilitas lain untuk mencetak dokumen.

Karena coworking space dipakai secara bersama-sama, fasilitas yang disediakan adalah fasilitas dasar yang umumnya dibutuhkan oleh semua perusahaan. Bila kamu membutuhkan fasilitas tambahan untuk menunjang pekerjaan, bisa pula membawanya sendiri.

Perlu diingat juga, karena fasilitas digunakan bersama-sama dengan penyewa lain, kamu harus menggunakan fasilitas seperlunya saja. Jangan sampai seenaknya saja sehingga mengganggu pengguna lain.

4. Mempersiapkan perlengkapan penunjang

Kalau pihak Coworking Space tidak berkenan memberikan fasilitas penunjang yang kamu harapkan. Maka mau tidak mau kamu harus melengkapinya sendiri. Terutama bila kamu memintanya pada tahap negosiasi kontrak.

Toh sekarang ini ada banyak sekali coworking space yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Tentu saja, setiap fasilitas penunjang yang disediakan itu ada biayanya.

5. Koneksi internet

Sebelum memutuskan untuk sewa kantor di coworking space, pastikan bahwa pihak pengelola menyediakan koneksi internet yang stabil. Hampir semua kegiatan saat ini menggunakan koneksi internet. Jika kamu kesulitan mendapatkan akses internet terbaik, bisa dipastikan pekerjaan kamu akan sedikit terhambat.

Jika kantor kamu butuh koneksi internet lebih cepat dari yang disediakan oleh pihak pengelola, mintalah tambahan. Jangan sampai keberadaan koneksi internet jutrsu menghambat adaptasi bekerja di coworking space.

6. Menggunakan headset agar fokus

Mungkin beberapa orang lebih baik menggunakan headset saat bekerja agar lebih fokus. Menggunakan headset atau jenis alat lainnya akan membantu kamu lebih berkonsentrasi.

Kamu bisa memutar lagu-lagu kesayangan sambil menggunakan headset. Setidaknya dengan begini, orang di sekitarmu tidak akan terganggu dengan lagu yang kamu putar.

7. Bersosialisasi dengan kru/staf

Kalau kamu sering bersosialisasi atau ngobrol dengan orang-orang sekitar, kamu bisa manfaatkan keadaan yang ada di coworking space untuk menambah relasi, cobalah untuk berbagi ide dengan para kru atau staf perusahaan tempatmu bekerja.

Cara ini juga menjadi strategi yang cukup ampuh untuk mempercepat proses adaptasi. Dengan memiliki banyak rekan di coworking space, otomatis kamu akan semakin menikmati proses kerja di sana.

8. Bersosialisasi dengan sesama

Tak hanya bisa bersosialisasi dengan rekan satu perusahaan, di coworking space Anda juga bisa bersosialisasi dengan perusahan lain. Anda bisa bertegur sapa dengan orang yang bekerja di sebelahmu, siapa tahu mereka adalah calon co-founder atau calon CEO startup yang baru memulai bisnisnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses adaptasi bekerja di coworking space. Jika konsep coworking space adalah hal yang baru untuk kamu, tips-tips di atas bisa kamu terapkan dalam keseharian nantinya.

Konsep open space yang tidak dibatasi oleh sesuatu, serta menyatu dengan perusahaan lain memang butuh proses pula untuk bisa beradaptasinya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ruang kantor, coworking space

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top