Fenomena Antrean Mengular di Outlet Uniqlo Demi T-shirt UT BT21

Pakaian adalah kebutuhan dasar manusia. Namun, pada era saat ini memang tak semua orang membeli baju hanya karena ingin menutup badannya. Salah satu faktornya adalah nilai yang ditunjukkan.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  07:47 WIB
Fenomena Antrean Mengular di Outlet Uniqlo Demi T-shirt UT BT21
T-shirt UT BT21 - Instagram @uniqlo

Bisnis.com, JAKARTA - Pakaian adalah kebutuhan dasar manusia. Namun, pada era saat ini memang tak semua orang membeli baju hanya karena ingin menutup badannya. Salah satu faktornya adalah nilai yang ditunjukkan.

Tidak ada yang salah dengan membeli baju seharga Rp5 juta, begitupun tidak ada yang salah dengan membeli baju seharga Rp35 ribu. Semua tergantung  kemampuan keuangan dan keinginan. Hingga suatu fenomena fashion terjadi belakangan ini. 

H&M × Moschino, Adidas Yeezy adalah fenomena baru bagi industri retail fashion di Indonesia, harga kedua brand ini juga cukup merogoh kantong. Namun yang terkini, ada Uniqlo yang baru saja mengeluarkan koleksi desainnya Uniqlo UT BT21 pada 21 Juni lalu.

Dilansir dari berbagai sumber berita, koleksi BT21 ini membuat antrean mengular panjang tepat pada tanggal perilisannya. Petugas bahkan harus membatasi pembelian kaos yang hanya seharga Rp149.000 tersebut. Mengapa?

 Kerja Sama dengan Boyband BTS

Bagi Anda yang belum tahu, BT21 adalah proyek kerjasama LINE Friends dan Bangtan Boys atau BTS, salah satu boyband asal Korea Selatan yang sangat fenomenal saat ini. 

Lahir pada akhir September, ada total 8 karakter untuk proyek BT21 yang juga mewakili anggota BTS di antaranya Tata, Mang, Chimmy, RJ, Kooya, Cooky, Shooky dan Van. 

Dilansir dari laman Metro.co.uk, nama BT21 terinspirasi dari komentar Suga, salah satu member BTS yang merepresentasikan BTS dan abad 21. 

Dari cerita animasi proyeknya, Tata yang adalah seorang alien, meninggalkan planetnya bersama Van lalu melihat BTS saat mengitari bumi. Terkesima dengan popularitasnya, Tata dan Van akhirnya memboyong member lain untuk membentuk sebuah grup menandingi BTS bernama BT21.

 Kolaborasi dengan Brand Ternama

Brand official mereka LINE, pernah mengeluarkan merchandise besar-besaran dari karakter BT21 mulai dari tote bag, boneka, mug hingga gantungan kunci.

Tidak hanya di negara asalnya Korea Selatan, LINE Friends membuka toko sekaligus kafe bertemakan BT21 di Jepang, China, Taiwan hingga Amerika tepatnya di New York dan Los Angeles. 

Sebelum bekerjasama dengan Uniqlo, karakter BT21 juga banyak bekerjasama dengan brand terkenal seperti merk sepatu ternama Converse dan Reebook yang menyematkan karakter BT21 pada produknya. 

Berikut juga dengan produk kosmetik dan skin care lainnya yang juga bekerjasama dengan BTS, ikut-ikutan berkolaborasi dengan BT21 seperti VT Cosmetics, Olive Young, Mediheal dan banyak lagi. 

Harga Terjangkau

Bagi penggemar BTS, harga Rp149.000 untuk t-shirt dengan karakter BT21 termasuk terjangkau. Meskipun petugas harus membatasi pembelian maksimal satu untuk setiap karakter bagi satu orang pembeli. 

Bayangkan, untuk gantungan kunci resmi yang dikeluarkan oleh LINE Friends saja, dipantau melalui e-commerce Shopee, penggemar harus merogoh kocek mulai dari Rp200.000 hingga Rp380.000 per satu karakternya. 

Beda lagi dengan sepatu kolaborasi Reebook x BT21 yang bisa dibanderol dengan harga Rp3,8 juta per pasangnya. Fenomena ini yang akhirnya membuat orang berbondong-bondong menyerbu t-shirt Uniqlo UT BT21. 

 Namun, ternyata tak hanya penggemar yang membeli t-shirt ini, hal tersebut juga dimanfaatkan oleh para reseller dengan modus jastip dan menjualnya dengan harga yang relatif tinggi. Terpantau dari situs e-commerce Shopee, t-shirt yang harga awalnya berkisar Rp149.000 ini, dijual dengan harga diantara Rp160.000 hingga Rp500.000. 

Bagaimana? Peluang bisnis yang menarik, bukan? Tentu saja, karena dilansir dari beberapa situs berita, beberapa jam setelah perilisannya saja, t-shirt ini hanya menyisakan beberapa potong dengan ukuran yang sangat kecil. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fashion, bts, uniqlo

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top