Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi?

Selama masa kehamilan, para perempuan hamil biasanya mengkhawatirkan makanan apa yang harus dikonsumsi dan makanan apa yang sebaiknya tidak dikonsumsi.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  14:21 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi?
Ibu hamil - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Selama masa kehamilan, para perempuan hamil biasanya mengkhawatirkan makanan apa yang harus dikonsumsi dan makanan apa yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Banyak mitos yang beredar di kalangan ibu hamil yang sering kali membuatnya bingung harus mengonsumsi makanan apa untuk mendukung kehamilan.

Penting untuk diketahui bahwa ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil.

Bagaimana dengan makanan mentah, seperti sushi, steak, sashimi, dan sebagainya? Biasanya muncul kekhawatiran bahwa makanan mentah dapat menyebabkan penularan parasit seperti toksoplasma.

“Makanan mentah seperti sushi sebenarnya aman,” ujar dokter spesial kebidanan dan kandungan Ardiansjah Dara.

Apabila ketakutan mengonsumsi dari segi penularan toksoplasma, sushi yang pada dasarnya adalah makanan laut sebetulnya memiliki risiko infeksi yang sangat kecil.

Parasit toksoplasma sering berasal dari kotoran kucing sangat jauh kaitannya dengan makanan laut.

Ibu hamil justru disarankan mengonsumsi ikan sebagai sumber protein dan omega-3 yang bermanfaat bagi perkembangan janin.

Akan tetapi, makanan mentah seperti daging yang diolah menjadi steak, pada umumnya harus dihindari selama kehamilan. Hal ini terkait dengan rentannya daging terhadap infeksi toksoplasma.

“Kalau daging (steak) tidak matang, masih rentan mengalami infeksi toksoplasma maupun parasit lainya. Sayuran mentah yang tidak dicuci dengan benar juga masih berisiko,” ujar Ardiansjah lagi.

Daging dan sayuran mentah adalah makanan dari darat yang memiliki risiko terkontaminasi parasit yang merugikan kehamilan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
infeksi, hamil, ibu hamil

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top