Begini Cita Rasa Teh Asli Indonesia Menurut Pakar

Cita rasa teh asli Indonesia yang berkualitas harus memenuhi kriteria legit dan kental. Legit berarti rasa manis yang pas atau mantap, sedangkan definisi kental adalah pekat yang menunjukkan keaslian atau akrab (dalam persahabatan).
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  22:16 WIB
Begini Cita Rasa Teh Asli Indonesia Menurut Pakar
Head of Corporate and Marketing Communication Orang Tua (OT) Group Harianus Zebua (kiri) bersama Pakar Teh Internasional Ratna Somantri, menjawab pertanyaan wartawan, di Jakarta, Jumat (28/62019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam tradisi minum teh masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, ada semacam standar bagi cita rasa teh berkualitas.

Cita rasa teh asli Indonesia yang berkualitas harus memenuhi kriteria legit dan kental. Legit berarti rasa manis yang pas atau mantap, sedangkan definisi kental adalah pekat yang menunjukkan keaslian atau akrab (dalam persahabatan). Kombinasi antara legit dan kental ini mampu menghasilkan teh dengan cita rasa tinggi.

“Legit kental memiliki makna filosofis sesuatu yang menunjukkan kesempurnaan dan keaslian yang mampu mempererat persahabatan yang jujur dan sesungguhnya. Para leluhur kita telah memaknai tradisi minum teh dengan nilai-nilai yang sangat positif dan mendalam,” ujar Ratna Somantri, Pakar Teh Indonesia, Jumat (28/6/2019).

Lebih lanjut Ratna mengatakan bahwa kekhasan rasa teh asli Indonesia itu adalah sepet, kental, dan beraroma melati. Aroma tersebut didapatkan karena di dalam ramuan tehnya, dicampur dengan kuncup melati sehingga menghasilkan wangi yang lebih enak.

Untuk menikmati teh, masyarakat Indonesia terbiasa meminumnya dengan cita rasa yang manis karena itulah mereka senang menambah gula ke dalamnya. “Namun, gula yang bagus itu sebetulnya gula batu, dan cara penyajiannya jangan diaduk, biarkan dia larut dengan sendirinya.”

Melihat potensi pasar ini, OT Group melalui PT CS2 Pola Sehat menghadirkan produk teh dalam kemasan premium Legit Kental dengan cita rasa otentik yang digali dari akar tradiri masyarakat Indonesia.

“Legit Kental menghadirkan kembali karakter teh yang sepet dan wangi seperti teh tradisi leluhur Indonesia yang bercita rasa tinggi. Diproses dengan kombinasi teknologi touchless PET aseptic cold filling dan ultrahigh temperature, sehingga kualitas bahan-bahan dalam kemasan tetap terjaga mutunya.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
teh

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top