Mau Liburan Sekeluarga? Ini 7 Taman Rekreasi Seru di Pulau Jawa

Mau ajak jalan-jalan sekeluarga di waktu libur sekolah yang masih akan berlangsung hingga pertengahan Juli mendatang, ada banyak pilihan yang bisa dilakukan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 Juni 2019  |  10:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Mau ajak jalan-jalan sekeluarga di waktu libur sekolah yang masih akan berlangsung hingga pertengahan Juli mendatang, ada banyak pilihan yang bisa dilakukan.

Mulai dari staycation, atau liburan ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi anak-anak Anda.

Menurut berbagai penelitian, liburan keluarga bisa meningkatkan kebahagiaan antar anggotanya.  Jadi, tidak ada salahnya buat ajak keluarga kecil atau besar kamu keliling di masa libur sekolah ini. 

Apalagi, Indonesia, khususnya Pulau Jawa, memiliki banyak sekali tempat rekreasi keluarga yang seru untuk dikunjungi. Berbagai wahana hingga spot bersantai bisa ditemukan di sini. Tidak hanya itu, berburu foto cantik dengan latar belakang taman rekreasi juga bisa dilakukan untuk membuat instagram feeds menjadi lebih berwarna.

Dengan letak yang strategis, deretan taman rekreasi di Pulau Jawa ini sangat mudah diakses. 
 
Sebagai referensi tempat jalan-jalannya, Pegipegi mempunyai rekomendasi 7 taman rekreasi seru di Pulau Jawa untuk liburan keluarga. Selain mudah dijangkau, obyek wisata hingga wahana yang ditawarkan cukup beragam. 

FAUNALAND, JAKARTA

Kebun binatang anyar ini hadir di tengah-tengah kawasan hiburan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Dengan luas sekitar lima hektar, Faunaland Ancol menawarkan wisata fauna yang berbeda dengan kebun binatang lainnya, seperti Ragunan. Mengusung konsep Tanah Papua, Faunaland memiliki spot daratan dan perairan dengan panorama indah. Tampilan menarik dari air terjun buatan hingga gagahnya rumah honai khas Papua menjadi daya tarik tersendiri dari Faunaland. Tidak kalah dari Kebun Binatang Ragunan, Faunaland di Ancol turut menghadirkan koleksi fauna langka dan unik. Lantaran mengambil tema Papua, hewan yang ditampilkan merupakan kombinasi Benua Asia dan Australia.

JUNGLE LAND, BOGOR
 
Jika bosan liburan dalam kota, Bogor bisa menjadi pilihan. Bogor mempunyai tempat rekreasi yang seru  yaitu Jungle Land. Berdiri di atas tanah seluas 35 hektar, Jungle Land mempunyai 31 wahana seru yang bisa dinikmati bersama keluarga. Mulai dari Disc’o yang berputar di ketinggian 15 meter hingga wahana Discovery yang memacu adrenalin dengan berputar hingga 102 derajat. Jungle Land juga punya tempat wisata anak yang cukup santai, salah satunya Robot Zoo di mana ada aneka robot binatang bergerak dan interaktif.

LITTLE VENICE, CIPANAS
 
Terletak di dalam komplek perumahan Kota Bunga, Little Venice menjadi tempat wisata yang l hits, kenapa? Karena di sana terdapat banyak bangunan bergaya Italia dengan kanal-kanal cantik layaknya kota Venezia. Dibalut dengan udara yang sejuk khas Cipanas, Little Venice juga memiliki berbagai jenis wahana air yang menarik. Indahnya alam khas Kota Bunga dari atas permukaan danau dengan menaiki sepeda air, banana boat, perahu naga, hingga perahu bebek bisa dinikmati sekaligus di wahana ini. 

Tidak cuma itu, terdapat Kapal Mississipi berkapasitas sampai 10 orang yang siap menghantarkan kamu berkeliling danau. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Italia untuk merasakan atmosfer damai dan mewah khas Venesia lagi, cukup main ke sini!

DAGO DREAM PARK, BANDUNG
 
Terletak di jalan Dago Giri Km 2.2, Dago Dream Park menawarkan banyak wahana menantang. Berada di atas tanah seluas satu hektar, Dago Dream Park juga menyuguhkan sekaligus spot-spot cantik dan sejuk untuk diabadikan lewat kamera. Salah satu yang menarik perhatian para wisatawan adalah keberadaan Rumah Balon yang mirip seperti latar film UP. Berada di sisi tebing, rumah yang satu ini kerap dijadikan obyek foto buat para muda-mudi penggila medsos.

Tidak hanya itu, Dago Dream Park juga menantang untuk yang ingin menaiki wahana Permadani Terbang. Dengan panorama hutan pinus menjadi latar belakangnya, wahana yang satu ini siap memacu adrenalin serta insting untuk berselfie ria di atas ketinggian 20 meter.

SINDU KUSUMA EDUPARK, YOGYAKARTA
 
Yogyakarta, kota yang terkenal dengan Gudegnya ini pun mempunyai taman bermain yang tidak kalah menarik dengan Dufan atau Jatim Park, yaitu Sindu Kusuma Edupark. Di sini, terdapati belasan wahana yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu wahana indoor juga outdoor. Salah satu wahana permainan yang menjadi maskot Sindu Kusuma Edupark ini adalah kincir raksasa Cakra Manggilingan setinggi 48 meter. Dari atas kincir raksasa ini bisa terlihat pemandangan kota Yogyakarta dan sekitarnya. Setelah puas menikmati pemandangan kota dan alam Yogyakarta, bisa langsung meluncur ke wahana Sepeda Mabur. Di wahana sepeda layang ini, pengunjung bisa bermain sekaligus berolahraga di atas ketinggian 3 meter.

MUSEUM ANGKUT, MALANG
 
Tempat yang satu ini bukan sembarang museum. Karena, sejak dibuka pada 9 Maret 2014 lalu, Museum Angkut menjadi markas berbagai produk alat transportasi dari berbagai penjuru dunia. Koleksi yang dipajang mulai dari yang tradisional hingga modern, dari angkutan darat, laut dan udara dengan penataan begitu sistematis. Tidak hanya  memamerkan berbagai alat transportasi dari luar negeri, Museum Angkut juga memajang beragam angkutan khas lokal. Mulai dari perahu, sepeda onthel, dokar, pedati, dan becak. Untuk memudahkan para pengunjung menikmati koleksi, Museum Angkut membagi wilayahnya ke dalam beberapa zona. Mulai dari Zona Hall Utama, Zona Pasar Apung, Zona Las Vegas, Zona Edukasi, hingga Zona Hollywood.

JATIM PARK 1, MALANG
 
Berbicara soal taman rekreasi, Malang punya spot yang nggak boleh kamu lewatkan, Jatim Park 1. Layaknya Disneyland di Hongkong, Jatim Park 1 menawarkan berbagai wahana permainan yang seru. Mulai dari Superman Coaster, Waterboom, Science Center, Volcano Coaster, Sky Ride, Flying Tornado, Dragon Coaster, dan lain-lain. Nah, buat yang ingin bersantai, Jatim Park 1 juga menyediakan tempat seru lainnya seperti Pasar Wisata hingga Pasar Bunga bagi pengunjung yang ingin berbelanja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liburan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top