6 Manfaat Es Batu Untuk Kesehatan Anda

Es batu umumnya dipakai untuk mendinginkan makanan atau minuman agar lebih segar.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 Juli 2019  |  11:22 WIB
6 Manfaat Es Batu Untuk Kesehatan Anda
Cantik dengan es batu - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Es batu umumnya dipakai untuk mendinginkan makanan atau minuman agar lebih segar.

Namun, es batu juga banyak digunakan untuk mengurangi rasa sakit, diantaranya adalah pembengkakan pada luka atau sebagai kompres tubuh.

Es batu juga dapat digunakan sebagai bantuan pemulihan untuk cedera regangan berulang seperti tendinitis dan sindrom iliotibial band. Namun, proses pengaplikasian es pada tubuh Anda didukung oleh sifat analgesik dari es. Es sebagian besar digunakan untuk cedera akut yang segar, seperti ketegangan otot, memar parah, dan semacamnya.

Menempatkan es batu pada bagian spesifik tubuh Anda, seperti ruang di mana leher dan kepala Anda terhubung, dinyatakan sebagai salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan manfaat es. Titik tekanan Feng Fu ditemukan di pangkal tengkorak, tepat di bawah pangkal tengkorak di bagian atas leher adalah salah satu area yang paling efektif untuk mendapatkan manfaat dari prosedur ini.

Berikut beberapa manfaat es batu untuk kesehatan Anda seperti dikutip dari Boldsky.com:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Kurang tidur dan siklus tidur yang terganggu telah menjadi masalah umum. Menurut pengobatan Tiongkok, titik Feng Fu membantu meningkatkan kualitas tidur Anda serta jumlah tidur yang Anda dapatkan dengan merilekskan tubuh Anda.

Setiap hari, letakkan es batu di titik Fengu Fu dan putar atau gosokkan dengan ringan pada kulit Anda.

2. Mengatasi masalah PMS

Metode es batu adalah metode yang mudah dan alami untuk menghilangkan rasa sakit. Ini karena titik di dasar tengkorak tempat Anda meletakkan es batu diketahui memiliki hubungan langsung dengan sistem reproduksi wanita, yang pada gilirannya membantu meredakan kram menstruasi. Oleskan kompres es di perut bagian bawah untuk menghilangkan kram dan rasa sakit.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Dengan menggunakan metode Feng Fu, Anda sebenarnya bisa mengatasi masalah seperti sakit perut, kembung, dan gangguan pencernaan. Ini juga memberikan manfaat tambahan lain seperti pengurangan gas serta meningkatkan keteraturan pencernaan.

4. Mengurangi peradangan

Es bertindak sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati peradangan dan pembengkakan. Karena ini, dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Pastikan untuk tidak mengaplikasikan es langsung pada permukaan.

Anda dapat menghancurkan beberapa es batu dan membungkusnya dengan kantong plastik atau menggunakan kompres es. Tutupi dengan waslap dan oleskan ke bagian yang sakit. Akan lebih baik dan lebih efektif jika Anda bisa berbaring telentang. Es batu membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan dengan menyempitkan pembuluh darah dan dengan demikian memperlambat aksi inflamasi tubuh.

5. Meredakan rasa sakit

Salah satu penggunaan es batu yang paling langsung dan efektif adalah untuk menghilangkan rasa sakit. Baik itu kram otot atau gigitan nyamuk atau suntikan - menerapkan kompres es berisi es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit. Es batu membantu mengurangi tingkat rasa sakit dengan menenangkan peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah di area yang sakit. Es batu juga merupakan obat yang efektif untuk sakit gigi.

Anda dapat mengambil es batu dan mengoleskannya ke daerah yang terkena. Setelah selesai menggosok, tepuk area dengan lembut dan lanjutkan setidaknya tiga kali sehari.

6. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Metode Feng Fu dikenal untuk meningkatkan kesehatan menstruasi dan juga menjaga infertilitas, impotensi, frigiditas, dll. Ini membantu merawat kelenjar endokrin juga

Metode es batu juga diketahui menyebabkan pengurangan frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala. Itu juga dikenal untuk memberikan bantuan untuk sakit dan rasa sakit yang timbul karena radang sendi. Selain radang sendi, metode ini juga memberikan bantuan dari hipertensi dan hipotensi

Meskipun ada kekurangan bukti ilmiah definitif, es batu dinyatakan bermanfaat dalam mengelola asma. Ini juga dikenal untuk membantu mengurangi selulit dalam tubuh Anda dan mengurangi tingkat stres dan kecemasan dalam tubuh dan meningkatkan suasana hati Anda

Meskipun memiliki banyak manfaat, metode ini tidak dianjurkan untuk orang yang menderita epilepsi, skizofrenia, wanita hamil, serta mereka yang menggunakan alat pacu jantung di dada atau perut - karena kemungkinan efek samping yang parah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top