Seruan Menggunakan Menstrual Cup, Efektifkah?

Seruan komunitas pemerhati lingkungan membawa pengaruh besar pada masyarakat urban
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  13:25 WIB
Seruan Menggunakan Menstrual Cup, Efektifkah?
Menstrual Cup - Instagram @organicup.id

Bisnis.com, JAKARTA – Seruan komunitas pemerhati lingkungan membawa pengaruh besar pada masyarakat urban.

Menganut paham zero waste atau nol sampah, salah satu komunitas pencinta lingkungan mengembangkan ide menciptakan sebuah menstrual cup, yakni sebuah wadah yang akan menampung darah saat menstruasi, salah satu alternatif pengganti pembalut.

Menstrual cup berbentuk seperti mangkok dengan batang diujungnya yang terbuat dari bahan silikon. Untuk memasukkan menstrual cup ke Miss V, Anda hanya perlu melipat bagian mangkok sebelum dimasukkan ke dalam Miss V.

Saat berada di Miss V, menstrual cup dianggap mampu menampung darah dalam durasi 12 jam setiap harinya. Hebatnya lagi, menstrual cup ini dapat dipakai berulang kali dalam kurun waktu 10 tahun dengan catatan menstrual cup harus disterilkan dengan cara mencucinya 

 Penjualan menstrual cup

Pantauan Bisnis.com, belum ada toko fisik yang terang-terangan menjual menstrual cup. Namun melalui laman marketplace Tokopedia, terpantau menstrual cup dijual dengan berbagai merk mulai dari Lunar, OrganiCup hingga Diva Cup dengan rentang harga Rp50.000 hingga Rp1.000.000.

Setiap kotak umumnya terdiri lebih dari satu menstrual cup yang terdiri dari berbagai warna mulai dari putih, pink, ungu dan biru.

Ukurannya pun berbeda satu sama lain, ukuran mini atau S diperuntukkan bagi remaja. Sedangkan ukuran A, B atau L diperuntukkan bagi dewasa sesuai dengan diameternya.

 Respons Warganet

 Menstrual cup mendapatkan reaksi yang beragam dari warganet. Sebagian merasa menstrual cup adalah perubahan besar bagi dirinya karena mampu berkontribusi untuk lingkungan, namun tak sedikit yang menganggap kalau menstrual cup hanya merepotkan.

Pendapat Ahli Kesehatan

 Berbicara pada Bisnis.com pada Selasa (23/7/2019) dr Prima Progestian, ahli kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan, menegaskan kalau penggunaan menstrual cup sangat aman.

“Aman kok, walau jarang yang pakai di Indonesia kan, karena dianggap merepotkan. Risetnya sih efektif cuma memang tergantung pemakaian, ya. Pemasangannya bener nggak, bisa rembes kan kalau cup nya nggak terbuka semua di dinding vagina,” tuturnya.

Pemakaian hingga 12 jam setiap harinya juga dianggapnya umum dilakukan, namun sebagai ahli kesehatan pemakaian menstrual cup yang disarankan adalah 4 hingga 5 jam jika darah sedang banyak.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wanita, urban, menstruasi

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top