Presiden Joko Widodo mengikuti Sidang Pleno KTT ke-34 Asean di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6/2019)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Health

Rahasia Bugar Jokowi meski Didera Kesibukan Setiap Hari

JIBI
Rabu, 24 Juli 2019 - 08:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi  mencoba selalu bugar setiap hari. Salah satu yang dilakukannya untuk bisa meningkatkan stamina adalah dengan minum jamu.

“Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas minum jamu," kata Jokowi yang mengunggah kegiatannya minum jamu menggunakan cangkir besar atau mug logam bercat putih kombinasi hijau di Instagram pada 23 Juli 2019.

Sebagai presiden, Jokowi memang sangat sibuk. Dari Istana Bogor biasanya Jokowi tiba di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta pukul 08.30-09.00 pada hari kerja.

Jika hanya berkantor di Jakarta, Jokowi biasanya dijadwalkan memimpin 2 hingga 3 rapat terbatas bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga di Istana Merdeka.

Rapat yang tentunya menguras energi otak itu biasanya memakan waktu 1-1,5 jam dalam sekali pertemuan. Rapat itu secara berturut-turut diadakan mulai dari pagi atau setelah jam makan siang.

 Selain rapat, Jokowi juga kerap mengadakan pertemuan dengan pemangku kepentingan untuk membahas isu terkini di kantornya.

 Kegiatan di Luar Istana

Agenda Jokowi saat di luar istana lain lagi. Jokowi biasanya menghadiri suatu acara atau blusukan ke satu hingga dua lokasi di sekitar Jakarta.

Ketika Jokowi mengakhiri hari saat di Jakarta dan hendak pulang ke Bogor, sering sekali kepergiannya tidak terdeteksi wartawan. Jokowi biasanya akan keluar dari pintu yang steril dan dengan pengamanan ketat.

“Pulangnya habis maghrib, atau tergantung acara sore,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin pada 23 Juli 2019.

Ketika Dinas Luar Kota aktivitas Jokowi akan lebih padat. Suami Iriana Jokowi ini sering sekali berpindah – pindah lokasi pada setiap aktivitasnya. Jokowi bisa mengunjungi 3-4 lokasi dalam satu wilayah untuk acara yang berbeda-beda.

Bisa aja dalam satu hari, kegiatan Jokowi di masing-masing lokasi adalah meninjau proyek infrastruktur, menyerahkan sertifikat tanah ke masyarakat, pemberian dan sosialisasi kartu Program Keluarga Harapan, peresmian sebuah tempat, maupun silaturahmi dengan tokoh masyarakat.

Para wartawan yang harus mengikuti Jokowi saat dinas luar kota, tentu harus mengikuti semua pergerakan Jokowi ke mana pun. Para wartawan ini ternyata sangat dituntut untuk gesit. Maklum, langkah Jokowi ternyata sangat cepat.

Bukan Hal Istimewa

Dengan berbagai kesibukan itu, tentu memiliki tubuh yang bugar sangat penting bagi Jokowi untuk melalui hari. Menurutnya, tidak ada rahasia atau hal istimewa untuk menjaga stamina.

“Hanya ramuan sederhana semata," kata Jokowi.

Melalui videonya yang diunggah di media sosial, Jokowi membagikan resep jamu yang setiap hari diminumnya. Jamu itu terdiri dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit. Jahenya ditumbuk atau dirajang-rajang, kemudian temu lawak juga ditumbuk atau dirajang-rajang, diseduh air panas, dan disaring, kemudian diminum.

"Dan sudah saya minum mungkin sejak 17-18 tahun yang lalu sampai sekarang," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi merasakan jamu itu akan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. "Ingin mencoba? Ya, dibuat sendiri," kata Jokowi sambil tertawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro