Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspadai Diabetes Pada Anak, 5 hingga 12 Tahun Usia Kritis

Kasus diabetes di Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Pada anak usia 5 hingga 12 tahun menjadi rentang usia kritis. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, 18,8 persen anak di usia tersebut mengalami kelebihan berat badan, bahkan 8,8 persen di antaranya mengalami obesitas.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 Juli 2019  |  20:19 WIB
Anak obesitas - Istimewa
Anak obesitas - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Angka kejadian diabetes melitus (DM) pada anak usia 0 hingga 18 tahun mengalami peningkatan sebesar 700 persen selama 10 tahun terakhir. Demikian informasi dari data Ikatan Dokter Anak Indonesia. 

Meski saat ini kasus diabetes pada anak masih didominasi tipe 1, berbagai penelitian selama dua dekade terakhir menemukan peningkatan kasus diabetes tipe 2 pada anak dan remaja. Kasus diabetes pada anak dan remaja juga erat kaitannya dengan meningkatnya angka penderita obesitas pada anak.

Elin Waty, Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia menyatatakan kasus diabetes di Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Usia 5 hingga 12 tahun menjadi rentang usia kritis.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, 18,8 persen anak di usia tersebut mengalami kelebihan berat badan, bahkan 8,8 Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan, di antaranya mengalami obesitas.

Menurut Elin, jika tidak segera ditanggulangi, di masa depan anak-anak ini berisiko besar menderita diabetes tipe 2. Sayangnya, pemahaman terkait diabetes di tengah masyarakat juga masih rendah.

"Berdasarkan laporan Sun Life terkait Diabetes di Asia, 68 persen penduduk Indonesia menilai bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja," ujar Elin.

Padahal, gaya hidup yang tidak sehat turut menjadi faktor utama seseorang menderita diabetes khususnya tipe 2.

Penerapan pola hidup sehat sejak masa anak-anak menjadi krusial, mengingat pada periode ini pola kebiasaan anak akan terbangun, termasuk kultur makan sehat, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Ketika pola hidup sehat ini telah terbentuk, kesempatan untuk mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2 pun semakin besar. Selaras dengan risiko diabetes yang dihadapi anak-anak, data terbaru dari RISKESDAS mengemukakan bahwa prevalensi diabetes di Indonesia terus mengalami peningkatan, dari 6,9 persen pada 2013, menjadi 8,5 persen pada 2018, dengan catatan 90 persen kasus diabetes pada usia dewasa adalah tipe 2.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes obesitas
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top