Youtuber Jerome Berbagi Tips Agar Anak Menyukai Matematika

Youtuber sekaligus influencer pendidikan Jerome Polin berbagi tips agar anak menyukai pelajaran matematika.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  14:33 WIB
Youtuber Jerome Berbagi Tips Agar Anak Menyukai Matematika
Youtuber Jerome Polin bersama Founder Zenius Education Sabda PS - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Youtuber sekaligus influencer pendidikan Jerome Polin berbagi tips agar anak menyukai pelajaran matematika.

Tidak hanya berhasil menjuarai berbagai macam olimpiade matematika, pemilik kanal YouTube Nihongo Mantappu dengan 1,7 juta subscribers ini juga berhasil mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Waseda University Jepang dengan peminatan Matematika Terapan.
 
Menurutnya, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cenderung tidak disukai dan bahkan ditakuti oleh banyak pelajar. Laki-laki berusia 21 tahun itu membagikan beberapa tips untuk para orang tua agar lebih mudah membuat anak-anaknya jatuh cinta pada matematika.
 
1. Mengenalkan matematika pada anak

Dia mengatakan sering kali anak tidak menyukai matematika karena sejak awal sudah tidak paham tentang bidang ilmu eksakta tersebut. Hal ini wajar. Pasalnya manusia cenderung tidak suka dengan sesuatu yang belum dipahami.

"Jadi perlu diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana caranya. Baru setelah itu anak akan paham dan ujungnya akan lebih mudah suka pelajaran matematika,” kata Jerome melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Senin (12/8/2019).
 
2. Menanamkan mindset pada anak kalau matematika itu menyenangkan

Sejak masih kecil, Jerome merasa tertantang dengan soal matematika. Bahkan dia selalu merasa senang saat bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Apalagi pertanyaan terkait matematika semakin lama semakin sulit.

“Matematika itu kan juga bermanfaat untuk latihan berpikir. Nah, sukses menghadapi tantangan yang bermanfaat itu rasanya menyenangkan, dan orang tua bisa ilustrasikan serunya matematika supaya anak-anak penasaran dan tertarik untuk latihan matematika," jelasnya.
 
3. Memberikan apresiasi untuk prestasi anak di pelajaran matematika

Dia mengakui saat dirinya berprestasi di suatu bidang matematika, Jerome selalu mendapat pujian dari banyak orang. Pujian ini menurutnya dapat membuat seseorang menjadi cukup senang saat mendengarnya.

"Tanpa disadari pujian itu menyenangkan sehingga kalau orang tua sering kasih pujian ke anaknya sekecil apapun perkembangannya dalam matematika, anak pasti akan semakin semangat dan rajin untuk belajar, apalagi kalau sebelumnya sudah menemukan serunya matematika," terangnya.

4. Mencarikan guru matematika yang berkualitas

Menurut Jerome, guru yang baik adalah pengajar yang sabar, luwes, tidak kaku untuk menjelaskan pelajaran matematika dengan sebaik-baiknya. Apalagi matematika sebutnya merupakan ilmu pasti, dan tidak berubah meski berada di lain negara.

"Dulu pas SMA, aku pengguna Zenius pas jaman masih bentuk CD, DVD, dan website. Kebetulan kak Sabda adalah tutor yang mengajar matematika. Aku makin suka matematika karena kak Sabda ngajarin konsep yang bikin aku ngerti sampe ke akar-akarnya," ujarnya.

Jerome menambahkan, Zenius memang mengajarkan konsep bukan rumus cepat. Di samping itu, para tutor juga cukup asik sehingga murid semakin gemar belajar. Dia juga tidak menyangka aktivitas saat sekolah dulu membuatnya dapat kuliah di Jepang.
 
Jerome baru-baru ini mengadakan math battle dengan Sabda PS, CEO dan Co-founder Zenius Education yang dianggap sebagai guru Jerome di bidang matematika.

Math Battle adalah salah satu segmen di kanal YouTube Jerome, Nihongo Mantappu, di mana Jerome berlomba dengan penantangnya untuk menjadi yang paling cepat dalam menjawab soal-soal matematika dengan benar.

Jerome sebelumnya sudah bertanding Math Battle dengan mahasiswa Nanyang Technological University (NTU) Singapura, mahasiswa Edmonds Community College, Washington, Amerika Serikat, dan rekannya sesama mahasiswa jurusan Matematika Terapan di Waseda University Jepang.
 
“Sekarang Zenius sudah punya aplikasi kan ya di Play Store, dan mendatang akan ada juga di App Store. Pasti belajar sekarang jadi gampang banget karena materi-materi belajarnya bisa diakses lewat Zenius App di mana aja dan kapan aja. Orang tua juga bisa belajar matematika lewat Zenius untuk mengenalkan matematika ke anak-anaknya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan anak

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top