6 Hal Berbiaya Mahal yang Akan Meningkatkan Kualitas Hidup

Kita diajarkan untuk bijak mengelola uang kita, namun kita terbiasa disarankan untuk membeli barang atau pengalaman di nilai yang paling murah, untuk mendapatkan kepuasan.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 20 Agustus 2019  |  13:36 WIB
6 Hal Berbiaya Mahal yang Akan Meningkatkan Kualitas Hidup
Ilustrasi orang berbelanja. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kebanyakan dari kita menghabiskan uang tanpa kita menyadari apa gunanya, begitu ujar pakar finansial Stefanie O’Connell yang merupakan penulis buku The Broke and Beautiful life.

Kita diajarkan untuk bijak mengelola uang kita, namun kita terbiasa disarankan untuk membeli barang atau pengalaman di nilai yang paling murah, untuk mendapatkan kepuasan.

Sebelum menimbang nilai suatu hal dalam hidup Anda, akan lebih baik jika Anda tahu apa yang diberikan barang atau pengalaman tersebut dalam diri Anda. Dikutip dari Business Insider, berikut 6 hal berharga mahal yang akan meningkatkan kualitas hidup Anda

1. Pendidikan

Investasi dalam diri Anda selalu menguntungkan. Tingkatkanlah pengetahuan Anda dengan mengorbankan uang untuk pendidikan yang bukan hanya bisa didapat dari sektor formal, namun juga pelatihan dan kursus informal.

2. Travelling

Melancong adalah kegiatan yang baik bukan hanya baik untuk tubuh tapi juga pikiran. Stefanie mengatakan, sesuatu yang dihabiskan untuk diri sendiri akan membuat seseorang merasakan kenikmatan hidup.

Business Insider juga mendapati penelitian, orang yang bahagia cenderung menghabiskan waktunya untuk pengalaman dibandingkan barang.

3. Tempat tidur

Tidur penting bagi kesehatan tubuh, begitu yang dipaparkan National Institute Health. Jadi, membeli tempat tidur atau matras dengan kondisi yang baik meski dengan harga yang mahal akan membuat kualitas hidup Anda semakin membaik.

“Jika kita tidak mendapat istirahat yang baik pada malam hari, besar kemungkinan kita tidak akan produktif selama kerja, apalagi dipromosikan. Sehingga, tempat tidur yang nyaman bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga menjanjikan kualitas hidup yang baik dalam jangka waktu panjang,” tutur Stefanie.

4. Pakaian yang nyaman

Jika pakaian Anda tidak nyaman dan cocok dengan karakter Anda, maka pakaian tersebut tidak akan terlihat baik meskipun pakaian tersebut adalah berharga jutaan rupiah.

Penting untuk memilih pakaian yang sesuai dengan Anda dibandingkan melihat harganya, karena berapapun yang Anda bayarkan untuk sehelai pakaian akan menonjolkan karakter diri Anda yang sebenarnya.

5. Pelayanan yang membantu memangkas waktu

Stefanie menyebut gunakan lah layanan yang membantu Anda memangkas waktu karena waktu pada dasarnya tidak bisa dibeli.

Jika Anda bekerja di waktu yang sangat sibuk, ada baiknya untuk memangkas waktu dengan menggunakan jasa pembersihan dan perbaikan rumah, dibanding saat Anda mengerjakannya sendiri.

6. Item kesehatan

Siapa yang tidak ingin menginvestasikan sesuatu untuk kesehatannya? Mulai lah untuk menyisihkan uang untuk kelas olahraga, makan makanan yang sehat dan mengonsumsi jus buah mulai dari sekarang, karena jika Anda tidak sehat, akan lebih banyak uang yang akan Anda keluarkan nantinya jika harus dirawat di rumah sakit.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips bahagia

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top