Apa Kata Dokter Soal Diet yang Ideal?

Setiap jenis diet memiliki pola konsumsi dan perilaku yang berbeda-beda serta memiliki dampak dan manfaatnya masing-masing.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  13:48 WIB
Apa Kata Dokter Soal Diet yang Ideal?
Diet Nordic - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini bermunculan berbagai jenis diet guna menurunkan berat badan seseorang, seperti diet mayo, diet paleo, diet karbo, intermitten fasting, diet paleo, dan jenis diet lainnya.

Setiap jenis diet di atas memiliki pola konsumsi dan perilaku yang berbeda-beda serta memiliki dampak dan manfaatnya masing-masing.

Dokter Spesialis Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Saptawati Bardosono mengatakan diet ideal sebaiknya dipilih sesuai dengan tujuan kesehatan yang diinginkan dan dilakukan dengan bijaksana.

Menurut Saptawati keputusan melakukan diet dan jenis diet yang dilakukan tidak boleh hanya mengikuti tren atau teman saja melainkan perlu pemahaman terlebih dahulu. Selain itu, dibutuhkan konsultasi dokter untuk menentukan apakah diet yang dilakukan aman atau tidak dengan kondisi tubuh seseorang.

Diet yang dilakukan sebaiknya tidak menghilangkan sama sekali salah satu kebutuhan nutrisi tubuh atau mengkonsumsi satu zat secara berlebihan.

“Hal yang penting dan harus diingat, bahwa tubuh membutuhkan semua zat gizi secara lengkap dengan jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan,” kata Saptawati kepada Bisnis.

Sementara itu, Ahli Gizi Tan Shot Yen mengatakan bahwa masyarakat sehat tidak perlu secara khusus melakukan diet. Menurutnya, hal yang harus diterapkan adalah pola makan sehat dan seimbang.

Dia menuturkan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah merilis panduan ‘Isi Piringku’ yang menjelaskan apa saja yang perlu menjadi asupan seseorang setiap kali makan, termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

“Terapkan pola makan sehat seimbang, yang tentu saja membutuhkan komitmen dan konsistensi juga untuk hidup yang lebih sehat,” kata Tan.

Selain itu, Tan mengungkapkan bahwa pola asuh dari orang tua menjadi hal yang penting karena makan saat ini tak bisa dilepaskan dari gaya hidup. Pola asuh yang baik, termasuk kemampuan memilih, meracik, dan mengolah makanan menjadi bekal penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diet

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top