Ilustrasi menu makanan sehat. Dok. Freepik.
Health

Simak Tips Diet Saat Puasa Supaya Efektif Turunkan Berat Badan

Mutiara Nabila
Rabu, 13 Maret 2024 - 14:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bulan Ramadan sering kali jadi momentum orang-orang untuk menurunkan berat badan. Tapi alih-alih turun, berat badan kadang justru naik dan meroket.  

Puasa sering menjadi momentu dorongan untuk orang-orang menurunkan berat badan karena hanya makan dua kali saat sahur dan berbuka. Ahli Gizi dan kreator konten Putri MJ membagikan tips untuk melakukan diet saat sedang puasa, agar tetap efektif dalam menurunkan berat badan. 

Menurut Putri, agar dietnya berhasil, selama puasa tetap harus memperhatikan makanan yang dimakan saat buka dan sahur. 

"Jadi tetap memperhatikan jumlah kalori. Berat badan tidak akan turun apabila kita puasa, tapi kalori yang kita makan banyak. Mungkin kita merasa makan cuma 2 kali, pasti bakal turun, nggak semudah itu, karena makan dua kali pun kita bisa over konsumsi kalori ketika tidak memilih bahan makanan yang tepat dan porsi makanan yang tepat," katanya. 

Dia juga menyarankan selama puasa agar diet tetap nyaman, pastikan memilih makanan yang penuh dengan protein dan juga serat sehingga bisa membantu kenyang lebih lama. 

"Boleh buka dengan yang manis, tapi secukupnya saja jangan sampai terlalu banyak porsinya," tambahnya.

Makanlah makanan dari berbagai sumber agar tubuh mendapat nutrisi yang baik untuk mengimbangi stres akibat puasa.

Makan biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat dari tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan, penting untuk memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Selain itu, olahraga juga bisa tetap dilakukan. Putri menyarankan agar melakukan olahraga sehabis tarawih atau mendekati waktu buka puasa dengan olahraganya ringan seperti berjalan kaki atau peregangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro