Ilustrasi rencana diet untuk menurunkan berat badan/ Freepik
Health

Lagi Digandrungi Kaum Pria, Ini Bahaya dan Fakta-fakta Diet Starvemaxxing

Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 - 15:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Baru-baru ini diet starvemaxxing sedang trending di media sosial. Diet ini membuat lekukan tulang rahang terlihat jelas

sehingga wajah terlihat tegas. Tak disangka diet starvemaxxing memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Dari pantauan Bisnis, mayoritas yang menerapkan diet starvemaxxing adalah laki-laki. Mereka menginginkan lekukan itu layaknya Jordan Barrett

Dalam narasi yang beredar, untuk mendapatkan bentuk muka tersebut mereka tidak akan makan selama kurang lebih tiga hari karena dipercaya dapat membakar lemak dalam tubuh.

Tentu saja, tidak makan dalam waktu yang panjang bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan termasuk kategori diet ekstrem.

Berikut bahaya dan fakta-Fakta Tentang Diet Starvemaxxing

1. Bisa Membuat Wajah Tampak Lebih Menawan

Para penganut diet starvemaxxing mempercayai bahwa tidak makan dalam waktu berhari-hari dapat membakar lemak, terutama pada bagian wajah sehingga akan membentuk wajah yang menawan dan tampak lebih tegas. Bentuk wajah tersebut biasa disebut dengan “Mewing”.

2. Digandrungi Pria

Mayoritas yang mengikuti trend ini adalah para kaum adam karena dipercaya bisa memikat lawan jenis dan membuat wajah tampak lebih tampan.

3. Terinspirasi Bentuk Muka Jordan Barrett

Jordan Barrett merupakan model asal Australia yang pernah menjalankan diet ekstrim untuk menurunkan berat badan. Hasilnya, Jordan mendapatkan bentuk wajah yang tampak lebih tegas, di mana bagian wajah memiliki sedikit lemak sehingga tulang rahang tampak terlihat jelas.

4. Termasuk Diet Ekstrim

Mengingat diet starvemaxxing mengharuskan seseorang tidak makan selama berhari-hari, maka diet ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi yang dapat mengganggu metabolisme.

Bahaya Diet Ekstrim Bagi Tubuh

1. Tubuh Menjadi Lemas

Diet ekstrem umumnya dilakukan dengan cara yang tidak wajar yang mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuh. Saat ini terjadi, tubuh akan menjadi lemas dan sulit melakukan rutinitas sehari-hari.

2. Penurunan Massa Otot

Walaupun lemak akan habis karena dijadikan cadangan energy, massa otot juga akan mengalami penurunan karena tidak dilatih secara bertahap, terlebih kurangnya protein membuat otot tidak berkembang sehingga tubuh terlihat kurus.

3. Malnutrisi

Diet ekstrim membuat tubuh kekurangan nutrisi yang menjadi sumber energi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dampaknya, tubuh akan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sampai gangguan mental.

4. Imun Tubuh Melemah

Imun memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh dari paparan penyakit. Namun, ketika asupan makanan kurang dan tidak memiliki nutrisi yang cukup dapat mengakibatkan imun tubuh melemah dan membuat tubuh mudah terpapar penyakit.

Berbagai ahli kesehatan sepakat bahwa diet ekstrim memang sangat tidak direkomendasikan demi mendapatkan tubuh yang ideal. Para ahli menyarankan untuk melakukan diet sewajarnya. Ada beberapa cara agar diet berjalan dengan baik, yaitu:
1. Hindari makanan atau minuman yang memiliki gula dan kalori yang tinggi
2. Tidak mengonsumsi alkohol dan rokok
3. Olahraga rutin
4. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
5. Lengkapi asupan vitamin, mineral, hingga kalsium. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro