Ilustrasi/Codyapp
Health

Olahraga Tingkatkan Fungsi Kognitif dan Memori Otak

Tika Anggreni Purba
Senin, 9 September 2019 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Aktivitas fisik dengan berolahraga dapat meningkatkan kesehatan otak. Dalam sebuah penelitian dari University of Iowa Amerika Serikat ditemukan bahwa satu sesi latihan atau olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak.

Olahraga teratur setiap hari dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan otak. Penelitian ini diikuti oleh 34 orang pria dan perempuan berusia 60 – 80 tahun yang memiliki fungsi kognitif yang sehat. Para peserta melakukan program pelatihan aerobik 12 minggu, dan melakukan olahraga sepeda statis selama 50 menit selama 3 kali seminggu.

Peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok dengan latihan intensitas sedang dan kelompok dengan latihan intensitas lebih ringan. Kelompok-kelompok tersebut kemudian ditukar pada waktunya sehingga semua peserta pernah berolahraga di kedua tingkat intensitas.

Hal ini dilakukan untuk mengukur dan membandingkan peningkatan fungsi kognitif dan memori otak setelah setiap episode latihan dengan intensitas yang berbeda. Setelah mereka menyelesaikan 12 minggu pelatihan, para peserta menjalani pemindaian otak (MRI) dan mengikuti tes pengenalan kartu flash berbasis komputer untuk mengukur fungsi memori.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa peserta studi memperoleh manfaat yang sama pada sesi latihan sedang, sama halnya dengan peserta yang telah menyelesaikan kegiatan intensitas ringan secara rutin selama 12 minggu.

Penelitian juga menemukan bahwa partisipan yang pemindaian otaknya terjadi peningkatan konektivitas di wilayah fungsi kognitif otak, ternyata bekerja lebih baik juga pada tes memori komputer. Hampir tidak ada perbedaan antara hasil latihan intensitas ringan dan sedang.

Meskipun sebagian besar peserta menunjukkan perbaikan baik jangka pendek maupun jangka panjang, masih ada beberapa peserta yang tidak menunjukkan adanya perubahan sama sekali. Hal ini mendorong para peneliti untuk menjalankan studi yang lebih besar dan lebih lama untuk mengkonfirmasi temuan mereka.

Akan tetapi setidaknya kita sudah mengetahui bahwa olahraga bermanfaat bagi peningkatan fungsi otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Psychologytoday.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro