5 Cara Mencegah Bau Kaki

Bau kaki selain membuat kurang percaya diri, juga masalah kulit yang perlu diatasi.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 19 September 2019  |  09:04 WIB
5 Cara Mencegah Bau Kaki
Ilustrasi mencegah bau kaki. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bau kaki selain membuat kurang percaya diri, juga masalah kulit yang perlu diatasi. 

Jika Anda ingin menghilangkan bau kaki, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan sehari-hari. Dikutip dari Times of India, berikut 5 tips menghindari bau kaki:

1. Pilih sepatu yang tepat

Pilihlah sepatu yang dapat membuat kulit bernapas. Jika memakai sepatu yang sama setiap hari, maka Anda perlu menghindari kebiasaan tersebut mulai hari ini. Keringat pada kaki yang mengendap di dalam sepatu dapat membuat aroma yang tak sedap, sehingga solusinya adalah membiarkan sepatu tersebut 'beristirahat' sejenak. 

2. Menggunakan kaus kaki

Jika melupakan kaus kaki saat memakai sepatu, hal ini adalah masalah terbesar dari bau kaki. Tidak memakai kaus kaki akan membuat kaki lembap dan menjadi sarang bakteri ketika memakai sepatu berjenis sneakers. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan kaus kaki. 

3. Rajin membersihkan kaki

Ketika sampai di rumah, pastikan untuk mencuci kaki. Pada pagi hari, setelah mandi, usahakan juga untuk mengeringkan secara alami bagian kaki Anda. Area yang lembap adalah sarang bakteri yang menjadi penyebab bau. 

4. Menghilangkan kulit mati

Usahakan untuk tetap menggosok bersih daerah kulit di sekitar kaki untuk menghilangkan kulit mati di sekitarnya. Hal ini yang biasa dilakukan dalam rutinitas pedikur di beberapa pusat perawatan untuk menjaga kaki tetap sehat dan bersih. Jika berhalangan untuk melakukan perawatan medikur, cukup menggosok dengan bersih daerah kaki dengan alat penghalus kulit yang bisa ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan. 

5. Rendam kaki

Jika merasa kaki beraroma tidak sedap, cobalah untuk merendamkan kaki Anda ke dalam air dengan campuran cuka apel. Air dan cuka apel dapat membantu mengurangi bakteri jika Anda rajin merendamkan kaki selama 10 hingga 15 men

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kulit, bakteri

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top