Tips Menentukan Karier di Masa Depan

Bagi banyak orang yang baru beranjak dewasa, memasuki dunia kerja bisa sangat menggelisahkan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 Oktober 2019  |  12:18 WIB
Tips Menentukan Karier di Masa Depan
Ilustrasi - Synergishr

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi banyak orang yang baru beranjak dewasa, memasuki dunia kerja bisa sangat menggelisahkan.

Karena pada saat itulah, Anda akan dihadapkan pada pilihan karier mana yang akan dipilih demi masa depan Anda.

Menentukan karier sangat berpengaruh pada kehidupan profesional maupun pribadi Anda ke depannya. Karena jika Anda memilih karier yang salah, bisa jadi merusak juga impian dan masa depan Anda.

Akan ada keputusan sulit. Beberapa kepentingan harus diprioritaskan daripada yang lain. Tetapi jika Anda cerdas dalam pilihan Anda, adalah mungkin untuk menemukan jalur karier yang fleksibel yang tidak membatasi. Inilah cara memilih karier sesuai ketertarikan Anda seperti dilansir dari balancecareer.com:

Cari Tahu Minat dan Ketertarikan serta Keahlian Anda

Sebuah survei Gallup menemukan bahwa di antara karyawan yang telah bersama perusahaan mereka selama lebih dari tiga bulan, 60 persen tetap tinggal karena pekerjaan mereka memungkinkan mereka untuk melakukan yang terbaik. Faktor itu memiliki dampak yang lebih besar pada kepuasan karyawan daripada memiliki peningkatan pendapatan. Mengapa demikian?

Sederhana saja, orang-orang lebih bahagia ketika mereka pergi bekerja setiap hari dan melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Kuncinya adalah mencari tahu apa panggilan Anda. Langkah pertama dalam proses itu adalah berpikir tentang apa yang membuat tugas yang membosankan lebih mudah diterima bagi Anda.

Untuk menggali lebih dalam apa yang memotivasi Anda, pertimbangkan untuk mengambil penilaian kepribadian online atau menggunakan aplikasi eksplorasi karier. Anda mungkin terkejut dengan apa yang mereka ungkapkan tentang Anda dan bagaimana mereka membantu Anda mempersempit pilihan Anda.

Temukan Industri yang Menarik Anda

Pendidikan Anda memang membuatnya lebih mudah atau justru lebih sulit untuk mendapatkan jenis pekerjaan tertentu, tetapi itu tidak sepenuhnya membatasi industri tempat Anda harus bekerja. Jika Anda mengambil jurusan biologi, Anda tidak terbatas hanya pada bidang medis atau ilmiah saja.  Jika Anda mengambil kelas dalam pemrograman komputer, itu tidak berarti Anda harus mendapatkan pekerjaan di industri teknologi.

Banyak keahlian Anda dapat ditransfer dari satu industri ke industri lainnya. Studi Burning Glass menemukan bahwa keterampilan penelitian berada di peringkat 10 keterampilan paling penting untuk berbagai industri, mulai dari pemasaran dan PR hingga kesehatan dan TI.

Lihatlah beragam industri dan temukan keterampilan mana yang paling penting di dalamnya. Pikirkan di luar kotak dan pertimbangkan apa yang dapat dibawa pengalaman unik Anda ke suatu industri.

Carilah Organisasi Yang Merangkul Kolaborasi

Apa pun karier yang Anda pilih, kemungkinan tanggung jawab dan tugasnya tidak akan memuaskan Anda semua. Anda juga perlu berinteraksi dengan departemen lain demi jaringan dan sosial Anda.

Organisasi yang mendorong proyek dan kolaborasi lintas-departemen dapat memungkinkan Anda untuk terpapar pada hal-hal lain, bahkan jika itu bukan bagian dari pekerjaan Anda. Jika pekerjaan Anda dalam penjualan, misalnya, Anda dapat bekerja dengan anggota tim desain dan pemasaran sambil membuat literatur tentang produk Anda. Atau dengan programmer untuk membuat halaman pembelian baru untuk situs web.

Organisasi kolaboratif yang sesungguhnya menawarkan Anda kelancaran dalam peran Anda. Tentu saja, Anda masih akan memiliki tugas yang telah ditentukan, tetapi Anda harus memiliki kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan terkait juga.

Saat mempertimbangkan perusahaan tempat Anda ingin bekerja, hubungi karyawan saat ini dan tanyakan kepada mereka bagaimana sebenarnya kerja tim dipraktikkan di kantor. Cari tahu bagaimana proyek lintas departemen disusun untuk melihat seberapa terlibat seorang karyawan.

Fokus pada Organisasi Dengan Pengembangan Karir

Sebagai seseorang yang tertarik pada banyak hal yang berbeda, kemungkinan Anda tidak akan puas kecuali dapat terus mengalami hal-hal baru dan mempelajari keterampilan baru. Itu berarti Anda akan membutuhkan organisasi yang mendukung pengembangan karier.

Ketika meneliti peluang kerja, cari tahu bagaimana perusahaan menyediakan pelatihan dan pengembangan.

Apakah mereka menempatkan semua karyawan melalui pelatihan generik yang sama dan membagikan tanggung jawab? Atau apakah mereka mengizinkan karyawan untuk memilih apa yang mereka pelajari dan mengeksplorasi keterampilan dan tugas yang tidak terkait langsung dengan posisi mereka saat ini? Jika Anda merasa tidak memiliki kesempatan untuk terus mengeksplorasi minat yang berbeda, kemungkinan itu bukan tempat yang tepat untuk Anda.

Luangkan Waktu untuk Mempertimbangkan Pilihan Anda

Menjadi orang yang berpengetahuan luas tidak pernah merupakan hal yang buruk. Tapi itu bisa membuat sulit untuk menentukan jalur karier yang tepat. Selama Anda meluangkan waktu untuk melihat semua opsi Anda, Anda akan melihat bahwa Anda dapat menemukan karier yang memuaskan keinginan Anda untuk pekerjaan multi-dimensi, alih-alih menjadikan Anda satu peran dalam seluruh karier Anda.
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
karier

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top