Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Kejutan Menarik dalam Festival Sewindu Tulus

Seluruh pertunjukan Tulus adalah sebuah magnet bagi para penontonnya. Begitulah kalimat yang mungkin dapat merangkai keseluruhan acara Festival Sewindu Tulus yang digelar di Istora Senayan Jakarta pada Jumat (1/11/2019).
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 02 November 2019  |  11:03 WIB
Tulus dan Festival Sewindu Tulus di Istora Senayan Jakarta pada Jumat (2/11/2019) - Bisnis.com - Ria Theresia Situmorang
Tulus dan Festival Sewindu Tulus di Istora Senayan Jakarta pada Jumat (2/11/2019) - Bisnis.com - Ria Theresia Situmorang

Bisnis.com, JAKARTA – Seluruh pertunjukan Tulus adalah sebuah magnet bagi para penontonnya. Begitulah kalimat yang mungkin dapat merangkai keseluruhan acara Festival Sewindu Tulus yang digelar di Istora Senayan Jakarta pada Jumat (1/11/2019).

Debut pada tahun 2011, Tulus merayakan satu windu-nya meramaikan belantika musik tanah air dengan sentuhan musik ‘yang apa adanya’ miliknya. Bukan Tulus namanya jika pertunjukannya tidak selalu mengejutkan dan inilah 7 hal yang menarik dalam Festival Sewindu Tulus

1. Dimeriahkan banyak musisi besar

Seperti nama acaranya, Festival Sewindu Tulus tidak hanya dimeriahkan oleh Tulus seorang. Beberapa musisi tanah air seperti Kunto Aji, Andien Aisyah, RAN, Glenn Fredly dan Project Pop mengisi acara yang kurang lebih berlangsung selama 6 jam tersebut.

Dibuka oleh Kunto Aji pada pukul 16.25 WIB dengan lagunya yang berjudul Sulung, Festival Sewindu Tulus baru berakhir pada pukul 22.45 WIB lewat lagu andalan Tulus berjudul Sewindu. Masing-masing tamu Festival Sewindu Tulus setidaknya menyanyikan empat hingga enam lagu dalam festival tersebut, sebelum Tulus akhirnya naik panggung sekitar pukul 20.55 WIB.

2. Petra Sihombing mengiringi Tulus nyanyikan lagu Labirin

Membuka Festival Sewindu Tulus dengan lagu Merdu Untukmu, Baru dan Gajah, penyanyi kelahiran Bukittinggi ini mengungkapkan dirinya masih tegang saat menyanyikan tiga lagu pertama untuk membuka acara tersebut. “Saya deg-degan, nih. Gimana, dong? Apa kabar, teman-teman? Perkenalkan, nama saya Tulus, kalau ada yang belum tahu. Saya adalah penyanyi dan penulis lagu,” ujarnya di sela-sela konser.

Petra Sihombing tiba-tiba muncul mengiringi Tulus dengan lagu Labirin. Tulus sedikit bercerita kalau ia menciptakan lagu tersebut bersama Petra, pria tersebutlah yang mengajarkan dirinya lebih berani berkolaborasi dalam memproduksi sebuah lagu. Keduanya mengakhiri kolaborasi dalam acara tersebut dengan lagu Cerita Milik Semua yang dipopulerkan oleh Petra Sihombing.

3. Andien naik panggung bersama puteranya Kawa

Salah satu kejutan dalam Festival Sewindu Tulus adalah penampilan si kecil Anaku Askara Biru alias Kawa yang juga ikut berada satu panggung bersama ibunya, Andien Aisyah saat menyanyikan lagu Belahan Jantungku.

Sebelumnya, Tulus sempat berduet bersama penyanyi berusia 34 tahun tersebut untuk lagu Langit dan Bumi dan akhirnya mengundang Kawa ke atas panggung. Andien bercerita ia pun sangat terkesima dengan Tulus yang mampu menulis lagu Belahan Jantungku selama lima belas menit di depan matanya sendiri.

“Lagu ini saya ciptakan saat Kawa masih belum ada bentuknya, saat Kawa masih dalam kandungan. Andien sudah saya anggap seperti kakak saya sendiri,” ungkapnya sebelum mempersilahkan Andien menyanyikan lagu ciptaannya tersebut bersama Kawa.

4. Suasana kocak menjadi andalan aksi panggung Project Pop

Sempat bernostalgia lewat beberapa lagu lawasnya sebelum Tulus naik panggung, Project Pop sukses membuat penonton Festival Sewindu Tulus bergoyang lewat lagu Dangdut is the Music of My Country dan Pacarku Superstar dan menutup penampilannya dengan lagu Ingatlah Hari Ini.

Project Pop pun sempat berduet dengan Tulus dengan lagu lawas Teman Pesta dan Astaga, lalu melanjutkannya dengan lagu Satu Hari Bulan Juli. Sebelum benar-benar menutup kolaborasinya dengan Tulus, Project Pop bahkan berharap bisa diundang lagi untuk festival atau konser Tulus di masa depan.

“Ini ada amplop seadanya saja,” ujar Udjo sambil menawarkan amplop berisikan uang Rp12.000-nya pada Tulus. “Ya, nanti beseknya nyusul, ya. Semoga nanti bisa diundang lagi,” tutup Tika disambut tawa renyah penonton.

5. Yovie Widianto, Glenn Fredly dan Tulus berkolaborasi untuk lagu Adu Rayu

Salah satu kejutan yang paling ditunggu oleh Teman Tulus (sebutan penggemar Tulus) adalah kolaborasinya dengan Glenn Fredly untuk lagu Adu Rayu. Kolaborasi ini sebenarnya dinantikan mengingat Glenn sendiri termasuk dalam daftar musisi yang memeriahkan Festival Sewindu Tulus.

Namun secara mengejutkan, Yovie Widianto pun ikut menjadi tamu dalam festival tersebut sehingga menambah keriuhan dan kelengkapan kolaborasi lagu hits Adu Rayu. “Mas Yovie bilangnya sibuk, tapi pas hari H ternyata datang juga,” ujar Tulus yang disambut senyuman puas dari ayah Arsy Widianto tersebut.

6. Pengumuman album baru dan mengundang salah satu penonton berfoto bersama

Di sela-sela konser, Tulus sempat membacakan salah satu cuitan penonton Festival Sewindu Tulus yang mengeluh tak bisa berfoto dengannya karena semakin hari dirinya semakin terkenal. Penonton tersebut pun menuliskan dirinya sudah merasa bahagia hanya dengan menonton penampilan Tulus.

“Tolong, teman-teman tim nanti setelah acara ini saya mau foto bareng, ya,” ujar Tulus singkat sembari menyerukan nama warganet tersebut.

Tak lupa, Tulus juga mengungkapkan dirinya sedang menyiapkan sebuah proyek album dalam waktu dekat. “Saya minta doanya ya teman-teman semoga lancar,” katanya.

7. Lagu Sewindu menutup Festival Sewindu Tulus

Sebelum benar-benar menutup acara tersebut, Tulus sempat menanyakan kepada penonton lagu apa yang ingin mereka nikmati. Mendapatkan banyak respons positif untuk lagu Pamit, penyanyi lulusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan, Bandung ini menyanyikan lagu tersebut diiringi lantunan gitar.

Ia pun sukses menutup acara tersebut dengan lagu hits andalan yang menjadi tema Festival Sewindu Tulus yakni Sewindu. Tulus bahkan mengundang semua musisi yang terlibat pada malam tersebut untuk naik ke atas panggung bersama tim band dan backing vocal-nya untuk berpamitan dan menunduk memberikan tanda penghormatan terakhirnya sebelum akhirnya mengakhiri Festival Sewindu Tulus dengan meriah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

festival musik
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top