Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pekerja Seks dengan HIV/AIDS Enggan Tularkan Virus ke Pelanggan

Hingga saat ini, prevalensi penularan virus penyakit seksual seperti HIV dan AIDS bagi Pekerja Seks Komersial (PSK) masih cukup besar, namun angkanya sudah menurun dari waktu ke waktu.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 21 November 2019  |  16:05 WIB
Kondom - Istimewa
Kondom - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Hingga saat ini, prevalensi penularan virus penyakit seksual seperti HIV dan AIDS bagi Pekerja Seks Komersial (PSK) masih cukup besar, namun angkanya sudah menurun dari waktu ke waktu.

Hal ini disampaikan oleh Siti Hadiati, Pengurus Forum LSM Peduli AIDS dan Lembaga Kesehatan Yayasan Kusuma Buana (YKS), saat ditemui di The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan pada Kamis (21/11/2019).

“Prevalensinya (penyakit seks menular) kepada pekerja seks masih cukup besar, walaupun saat ini sudah menurun karena penggunaan kondomnya saat ini cukup baik,” ujarnya.

DItambahkannya lagi, saat ini sudah banyak perusahaan kondom yang sudah banyak bekerjasama dengan tempat hiburan untuk menyediakan alat kontrasepsi tersebut.

Sehingga, mayoritas dari pekerja seks memiliki kekuatan untuk melakukan negosiasi dengan pelanggan untuk menggunakan kondom.

“Tapi memang PR-nya masih pada pekerja seks jalanan, karena kan di jalanan mereka langsung transaksi, itu yang kasusnya (penularan penyakit seks) cukup tinggi,” sambungnya.

Siti juga menilai dari berdasarkan dari pengalamannya, PSK biasanya akan menolak untuk menyebarkan virus dari penyakit seksual yang dideritanya kepada pelanggan, pasangan atau anaknya sendiri.   

“Kalau dari pengalaman saya dan sama teman-teman (pendamping ODHA), kalau mereka sudah positif (HIV/AIDS), mereka juga tidak mau menularkan virus. Kalau kita ajak berobat, mereka mau melakukan pengobatan dan mau melakukan pencegahan untuk tidak menularkan kepada pasangan, menularkan kepada anak juga,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hiv/aids pekerja seks
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top