Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Membuat Bulu Mata Lebih Panjang dengan Cara Alami

Bulu mata yang tebal tentu menjadi idaman setiap orang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 November 2019  |  14:27 WIB
Ilustrasi bulu mata - Antara
Ilustrasi bulu mata - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bulu mata yang tebal tentu menjadi idaman setiap orang.

Salah satu hal yang perlu diingat adalah bulu mata juga dapat mengalami dehidrasi, sama seperti kulit dan rambut. Terkadang orang melupakan fakta tersebut.

Merawat bulu mata dengan baik akan membuatnya tumbuh subur dan lebih tebal, meskipun Anda tidak termasuk orang yang beruntung dilahirkan dengan bulu mata yang panjang dan lentik.

Berikut tips membuat bulu mata lebih panjang dan lentik secara alami seperti dikutip dari wikihow.com 

Oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada bulu mata

Kedua minyak ini dikenal dapat menguatkan dan merangsang pertumbuhan bulu mata. Anda juga dapat mencampur keduanya. Tuang beberapa tetes minyak pada lidi kapas, kemudian oleskan pada bulu mata. Biarkan selama beberapa menit (sekitar 5-8 menit) sebelum membilasnya.
Lakukan perawatan ini sekali sehari selama 1-2 minggu. Anda akan segera melihat hasilnya.

Anda juga dapat mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada kelopak mata dan kulit di bawah mata setiap malam (sebelum tidur) untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Gunakan lidi kapas untuk mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Hindari penggunaan rias mata selama Anda melakukan perawatan dengan minyak zaitun/kelapa karena minyak dapat menyebabkan kosmetik seperti maskara menjadi luntur.
 
Oleskan masker telur pada bulu mata

Mungkin mengoleskan telur mentah pada bulu mata kedengarannya menjijikkan, tetapi telur sangat efektif untuk membantu Anda mendapatkan bulu mata yang lebih panjang dan sehat.Kandungan protein yang tinggi dalam telur dapat membantu menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Selain itu, telur mengandung biotin dan vitamin B yang berperan penting dalam memperbaiki tekstur bulu mata secara keseluruhan.

Kocok 1 butir telur dan 1 sendok makan gliserin sampai membentuk konsistensi yang kental dan lembut. Oleskan campuran pada bulu mata menggunakan lidi kapas dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Ulangi perawatan ini 3 kali seminggu selama beberapa bulan. Anda dapat membeli gliserin di toko obat lokal, apotek, toko prakarya, atau toko swalayan.
 
Oleskan minyak kastroli pada bulu mata

Gunakan sikat yang bersih atau lidi kapas untuk mengoleskan minyak kastroli pada bulu mata. Lakukan sebelum tidur. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak vitamin E pada minyak kastroli sebelum mengoleskannya.Diamkan semalaman, kemudian bilas dengan air hangat saat Anda bangun di pagi hari. Atau, gunakan campuran 2 sendok makan minyak kastroli dan 2 sendok makan gel lidah buaya segar.

Oleskan campuran pada bulu mata dengan lidi kapas. Biarkan semalaman lalu bilas keesokan paginya. Jika mau, tambahkan beberapa tetes minyak kastroli ke tabung maskara Anda.
 
Gunakan kulit lemon untuk meningkatkan volume

bulu mata. Kulit lemon banyak mengandung vitamin C dan B, asam folat, dan nutrisi lain yang dapat mempercepat pertumbuhan bulu mata.[4]Selain itu, jika direndam dalam minyak zaitun atau minyak kastroli, kulit lemon dapat meningkatkan kemampuan minyak dalam membersihkan dan menstimulasi bulu mata. Tambahkan 1 sendok makan kulit lemon yang cukup kering ke dalam wadah.

Tuang minyak zaitun dan minyak kastroli secukupnya ke dalam wadah sampai kulit lemon terendam. Diamkan campuran selama beberapa minggu. Gunakan sikat maskara yang bersih untuk mengoleskan minyak pada bulu mata sebelum tidur. Biarkan semalaman, kemudian bilas dengan air hangat keesokan paginya. Lakukan perawatan selama beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang menggembirakan.
 
Sikatlah bulu mata

Dengan cara ini, Anda dapat membersihkan partikel debu dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.Selain itu, penyikatan akan meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membawa lebih banyak nutrisi ke folikel rambut. Tuang beberapa tetes minyak vitamin E atau petrolatum pada sikat bulu mata yang lembut, spoolie, atau sisir (Anda juga dapat menggunakan sikat maskara lama yang sudah dibersihkan).

Teruslah menyikat bulu mata dengan lembut ke arah atas. Mulai dari akar dan bergerak perlahan menuju ujung bulu mata. Lakukan penyikatan sekitar 5 menit, dua kali sehari sampai Anda mendapat hasil yang memuaskan.
 
Minumlah banyak air

Jadikan kebiasaan untuk meminum air putih sesering mungkin. Air adalah zat netral yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.Minum lebih banyak air tidak akan membahayakan Anda. Air akan memberi kilau pada rambut dan kesehatan bagi kulit.

Selain itu, air juga bisa membuat bulu mata tumbuh lebih tebal. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin harian, terutama vitamin B. Tambahkan lemak sehat dalam diet Anda, seperti avokad, zaitun, dan almon. Makanan ini mengandung Omega 3, yang membantu pertumbuhan bulu mata. Anda juga harus memasukkan protein, seperti daging sapi, ayam, dan telur.
 
Usahakan untuk tidak mengucek mata

Perawatan dasar sangat penting untuk mendapatkan bulu mata lebih tebal. Mengucek bulu mata bisa mengacaukannya.Mengucek bulu mata dapat menyebabkan stres pada mata dan membuat bulu mata menjadi tipis. Atau, Anda juga bisa memotongnya.

Selain itu, menarik-narik bulu mata atau menggosok area mata dengan kasar saat mencuci muka juga dapat menyebabkan bulu mata mudah patah.
 
Bersihkan riasan mata setiap malam

Jangan lupa melakukannya secara perlahan dan hati-hati dengan gerakan lembut. Pastikan Anda menghapus riasan sampai benar-benar bersih.[7]Anda dapat menggunakan minyak untuk membersihkan riasan mata karena minyak dapat memperkuat bulu mata dan mempercepat pertumbuhannya.

Banyak toko menjual tisu yang dirancang khusus untuk membersihkan riasan. Tidak disarankan menggunakan sabun dan air untuk menghapus riasan karena dapat membuat bulu mata dan kulit menjadi kering.
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bulu mata

Sumber : wikihow

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top