Ternyata Kepribadian Manusia Dapat Diubah/Bisnis.com-Ilustrasi
Relationship

Studi : Ternyata Kepribadian Manusia Dapat Diubah

Reni Lestari
Sabtu, 14 Desember 2019 - 18:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah lama diyakini bahwa orang tidak dapat mengubah kepribadian mereka, yang sebagian besar stabil dan diwariskan dari orang tua.

Bisa jadi anggapan tersebut akan segera berubah. 

Tinjauan penelitian baru-baru ini dalam ilmu kepribadian menunjukkan kemungkinan bahwa sifat-sifat kepribadian dapat berubah melalui intervensi yang gigih dan peristiwa-peristiwa besar dalam kehidupan.

Ciri-ciri kepribadian, yang diidentifikasi sebagai neuroticism, extraversion, keterbukaan terhadap pengalaman, keramahan dan kesadaran, dapat memprediksi berbagai hasil penting seperti kesehatan, kebahagiaan dan pendapatan.

Karena itu, sifat-sifat ini mungkin mewakili target penting untuk intervensi kebijakan yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Penelitian ini adalah produk dari Personality Change Consortium, sebuah kelompok peneliti internasional yang berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman tentang perubahan kepribadian.

Konsorsium ini diprakarsai oleh Wiebke Bleidorn dan Christopher Hopwood, University of California, Davis, profesor psikologi yang juga merupakan penulis bersama makalah terbaru "Relevansi Kebijakan Sifat-sifat Kepribadian."

"Dalam makalah ini, kami menyajikan kasus bahwa sifat dapat berfungsi sebagai prediktor yang relatif stabil untuk keberhasilan dan target yang dapat ditindaklanjuti untuk perubahan kebijakan dan intervensi," kata Bleidorn, dilansir Science Daily, Sabtu (14/12/2019).

Dia menyebutkan ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa sifat-sifat kepribadian cukup luas untuk menjelaskan berbagai perilaku penting secara sosial pada tingkat tertentu, melampaui prediktor yang dikenal.

Sifat-sifat kepribadian tersebut dapat berubah, terutama orang pada usia yang tepat dan melakukan upaya berkelanjutan. Namun, sifat-sifat ini juga tetap relatif stabil. Dengan kata lain bisa berubah, tetapi tidak mudah.

Sumber daya sering diinvestasikan dalam intervensi mahal yang tidak mungkin berhasil karena tidak diinformasikan oleh bukti tentang sifat-sifat kepribadian.

"Dengan alasan itu, akan sangat membantu bagi pembuat kebijakan publik untuk berpikir lebih eksplisit tentang apa yang diperlukan demi mengubah kepribadian guna meningkatkan kesejahteraan pribadi dan publik, biaya dan manfaat dari intervensi tersebut, dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai hasil terbaik dengan keduanya diinformasikan oleh bukti tentang sifat-sifat kepribadian dan investasi sumber daya yang lebih berkelanjutan dan perhatian terhadap pemahaman yang lebih baik tentang perubahan kepribadian, "kata para peneliti.

Penelitian telah menemukan bahwa sejumlah kecil sifat kepribadian dapat menjelaskan sebagian besar cara orang berbeda satu sama lain. Dengan demikian, mereka terkait dengan berbagai hasil kehidupan yang penting.

Ciri-ciri ini juga relatif stabil, tetapi dapat diubah dengan usaha dan waktu yang baik. Kombinasi ini - luas dan bertahan lama, namun dapat diubah - menjadikannya target yang menjanjikan untuk intervensi skala besar.

Baik neuroticism maupun conscientiousness, misalnya, dapat mewakili target intervensi yang baik pada usia dewasa muda. Intervensi tertentu - terutama yang membutuhkan ketekunan dan komitmen jangka panjang - mungkin lebih efektif di antara orang yang sadar dan stabil secara emosional.

Penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor motivasi, karena kesuksesan lebih mungkin jika orang termotivasi dan berpikir perubahan itu layak, kata para peneliti.

Bleidorn dan Hopwood mengatakan contoh-contoh pertanyaan penting yang dapat lebih banyak diinformasikan oleh sains kepribadian meliputi, apa dampak jangka panjang dari media sosial dan video game? Bagaimana kita membuat anak menjadi lebih baik dan bekerja lebih keras di sekolah? Bagaimana kami membantu orang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru? Serta, apa cara terbaik untuk membantu orang menua dengan anggun dan bermartabat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro