Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Resolusi Karier di Tahun Baru

Tahun baru karier baru? Kenapa tidak. Ini adalah hal yang mungkin Anda lakukan di momen pergantian tahun.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  13:52 WIB
Ilustrasi - Hrinasia
Ilustrasi - Hrinasia

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun baru karier baru? Kenapa tidak. Ini adalah hal yang mungkin Anda lakukan di momen pergantian tahun.

Kalaupun karier tidak berganti, tapi setidaknya ada peningkatan karier yang Anda harapkan di tahun baru bukan?

Hal ini tergantung pada diri Anda sendiri. Sejauhmana Anda berusaha mencapai karier tertinggi yang diharapkan. Semakin tekun Anda bekerja, maka niscaya target peningkatan karier juga bisa tercapai.

Namun jika sebaliknya, jangan berharap karier Anda akan gemilang. Jika Anda termasuk yang ingin mengubah karier Anda, ada baiknya melihat resolusi karier apa yang harus Anda lakukan untuk menghadapi 2020 mendatang.

1. Branding pribadi Anda

Apakah Anda salah satu karyawan yang bekerja keras sepanjang tahun namun gagal mendapatkan penilaian yang baik sementara rekan kerja Anda yang tidak begitu efisien justru mendapatkan reward? 

Ini mungkin karena gagalnya branding pribadi Anda. Karena banyak orang gagal mencapai tujuan kariernya karena tidak berusaha membentuk branding pribadinya.

Penting untuk membangun branding Anda di depan atasan atau rekan kerja, dan jangan sampai Anda bekerja keras tetapi tidak ada yang memperhatikannya. Bangun citra Anda sedemikian rupa sehingga setiap kali proyek penting mendarat di tim Anda, atasan Anda harus mengambil nama Anda terlebih dahulu dan bukan orang lain.

Buat proyek penting

Ketika berada dalam tim, akan ada banyak proyek yang akan digarap bersama. Dan beberapa proyek membantu Anda membangun fondasi karier yang panjang dan berbuah. Karenanya, penting untuk menginvestasikan keringat, darah dan energi Anda pada proyek atau pekerjaan yang dibebankan pada tim atau Anda pribadi.

Keluar dari zona nyaman Anda dan melakukan sesuatu yang baru

Prediktabilitas adalah musuh terburuk kemajuan. Jika Anda terlalu mudah ditebak dan semakin menyukai zona nyaman Anda, Anda harus membebaskan diri darinya. Jika Anda ingin tumbuh secara profesional pada tahun 2020, jadikan ini sebagai salah satu resolusi di tempat kerja Anda yakni untuk keluar dari zona nyaman Anda dan menjadi sesuatu yang baru.

Misalnya, jika Anda adalah tipe orang yang menghindar dari berbicara di depan umum, cobalah menganggap ini sebagai tantangan dan lain kali ada konferensi yang berkaitan dengan pekerjaan, tantang diri Anda untuk menjadi pembicara di sana. Ketika Anda melakukan sesuatu yang baru, Anda juga diperhatikan oleh rekan kerja dan bos Anda, yang tentunya bagus untuk karier Anda, bukan?

Mencintai pekerjaanmu

Menjadi pegawai yang patuh pada bos tidak banyak membantu untuk membuka jalan menuju kesuksesan profesional. Yang benar adalah bersikap jujur pada pekerjaan dan melakukannya dengan tulus. Jangan melakukan pekerjaan hanya untuk mengesankan atasan Anda atau hanya setuju untuk melakukan sesuatu hanya untuk mendapatkan poin.

Menjadi yang terbaik dalam apa pun

Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan dan hanya kinerja yang mengarah pada pengakuan. Jadi, tidak peduli berapa banyak jaringan yang Anda lakukan, Anda tidak akan tumbuh secara profesional jika Anda gagal tampil. Jadi, tetapkan tujuan dan bekerja keras untuk mencapai itu. Jangan lewatkan tenggat waktu dan jadilah yang terbaik dalam apa pun yang Anda lakukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karier
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top