Piala Oscar/Reuters
Entertainment

Academy Umumkan Daftar 9 Kategori Oscar 2020

Syaiful Millah
Selasa, 17 Desember 2019 - 10:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) merilis daftar singkat untuk sembilan kategori Oscar ke-92 yang akan berlangsung pada Februari tahun depan.

Kategori yang telah diumumkan, beberapa di antaranya merupakan kategori paling bergengsi seperti film fitur dokumenter, film fitur internasional, musik skor orisinal, lagu orisinal, dan visual efek terbaik.

Kategori itu termasuk di dalamnya adalah kategori film dokumenter panjang, film fitur international, tata rias, tata rambut, musik, lagu asli, efek visual, film live action, dan animasi pendek terbaik.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Rabu (17/12/2019) anggota dari AMPAS akan memilih nominasi Oscar 2020 di kategori ini. Para nominasinya akan diumumkan pada 13 Januari mendatang.

Sebagaimana diketahui, tahapan seleksi Oscar meliputi beberapa tahapan mulai dari penyerahan karya, pemilihan daftar singkat (shortlist), pemilihan nominator (nominee), hingga pengumuman pemenang untuk masing-masing kategori.

Pada daftar singkat yang kategorinya telah diumumkan, khususnya untuk film fitur internasional terbaik, beberapa judul populer adalah film The Painted Bird dari Republik Ceko, Les Miserables dari Perancis, Atlantics dari Senegal, Parasite dari Korea Selatan, dan Pain and Glory dari Spanyol.

Adapun, dalam shortlist film dokumenter terbaik ada film American Factory, Apollo 11, The Biggest Little Farm, For Sama, Honeyland,  Knock Down the House, Maiden, dan One Child Nation.

Secara lengkap, kesembilan kategori itu adalah International Feature Film, Documentary Feature, Music (Original Score), Music (Original Song), Live Action Short Film, Documentary Short Subject, Animated Short Film, Makeup and Hairstyling, dan Visual Effect.

Oscar 2020 memiliki total 24 kategori yang berbagai aspek perfilman. Artinya masih ada 15 kategori lain yang belum diumumkan daftar singkatnya dan akan segera menyusul. Ini termasuk beberapa kategori prestisiun seperti sutradara, penulis skenario, dan tentu saja film terbaik.

Rencananya, malam puncak Academy Award ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro