Press Conference Radio Day 2019 oleh PRSSNI dan beberapa juri LCLRadio di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan pada Jumat (20/12/2019) - Bisnis.com/Ria Theresia Situmorang
Entertainment

Radio Day 2019, PRSSNI Canangkan Kampanye #RadiokuBeragam

Ria Theresia Situmorang
Jumat, 20 Desember 2019 - 20:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) selaku organisasi radio siaran swasta di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua Umum hingga 2023 mendatang, mempersembahkan Radio Day dalam rangka memperingati ulangtahunnya yang ke-45. 

Asosiasi radio swasta dengan jumlah keanggotaan lebih dati 600 radio swasta ini tersebar di 34 kota, kali ini membawa kampanye #RadiokuBeragam yang disuarakan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan diputar serentak di seluruh radio anggota PRSSNI pada Jumat (20/12/2019). 

"Hari ini kita menyiarkan ucapan ulang tahun PRSSNI Bapak Jokowi yang menitip pesan untuk mengedepankan pentingnya keberagaman, dan keberagaman konten ada di semua radio yang ada di Indonesia," ujar Sekjen PRSSNI, M. Rafiq saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan. 
 
"Beliau mengingatkan kalau semua radio hanya memutar lagu barat yang sama, atau hanya muterin lagu Slank, pasti nggak enak dan nggak nyaman karena kontennya seragam. Beliau menitip pesan itu untuk menjaga industri radio dengan keberagaman seperti NKRI," sambungnya.  

Setelah sukses dengan gerakan sosial #RadioGueNggakMati pada tahun 2017 dengan menonaktifkan beberapa siaran radio selama 15 menit pada jam prime time yakni 08.00 WIB di Jakarta memperingati hari ulangtahun PRSSNI, tahun ini asosiasi ini merayakan ulangtahunnya dengan mengadakan lomba Cipta Lagu Radio (LCLRadio) 2019. 

"Karena gerakan kita tahun 2017 lalu, saat ini ada 11,1 juta orang yang mendengarkan radio dan data dari Nielsen menyebut 54 persen pasarnya adalah milenial dan gen Z. Kita mengadakan lomba cipta lagu karena di negeri kita ini memang sudah jarang sekali ada lomba cipta lagu lagi. Bintangnya saja yang terus diproduksi," ungkap M. Rafiq. 

Lomba ini juga melibatkan partisipasi radio anggota PRSSNI di seantero tanah air untuk mengajak pendengar radio di Indonesia untuk menjadi peserta dengan dua kategori yang dilombakan yakni kategori Pop dan Dangdut, dengan tema bebas.

Musisi, pengamat musik nasional, dan juga music director radio turut dilibatkan sebagai dewan juri dalam LCLRadio 2019 ini, seperti Ikke Nurjanah, Hendro Saky, Irwan Jhons selaku juri genre dangdut dan Adib Hidayat, Nina Tamam serta Temmy Motion Radio selaku juri genre pop. 

Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat terutama para pendengar radio, yang dalam waktu 3 minggu berhasil mengumpulkan sebanyak 1.287 karya lagu, dan pada fase pemilihan lagu favorit pendengar, diikuti lebih dari 4000 voters hanya dalam waktu promosi empat setengah hari.

Selain LCLRadio, PRSSNI juga memberikan penghargaan Radio Awards 2019 kepada perusahaan radio, agensi iklan hingga label rekaman untuk kategori Best Brand, Best Advertising Agency, Best Radio Buying serta Best Recording Company, sebagai wujud nyata melestarikan budaya mendengarkan radio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro