Coronavirus, diduga penyebab wabah pneumonia berat di Wuhan, China/Reuters
Health

Wabah Pneumonia Serang China, Satu Penderita Meninggal 7 Kritis

Newswire
Sabtu, 11 Januari 2020 - 19:25
Bagikan

Bisnis.com, BEIJING - Wabah pneumonia berat sedang melanda kawasan Wuhan, China.

Seorang penderita infeksi paru-paru (pneumonia) yang mewabah di Kota Wuhan, China, dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu, sedangkan tujuh lainnya dalam kondisi kritis.

Diagnosis sementara menunjukkan bahwa 41 kasus pneumonia disebabkan oleh tipe baru coronavirus, demikian pernyataan Dinas Kesehatan Kota Wuhan.

Beberapa pasien kondisinya sudah stabil, bahkan sudah ada yang dipulangkan dari rumah sakit, demikian media resmi setempat.

Dinkes Wuhan juga menyebutkan bahwa dari 739 orang yang kontak dengan pasien, sebanyak 419 di antaranya staf medis, telah ditempatkan di ruang observasi medik.

"Kondisi pasien dan situasi epidemik saat ini sudah bisa dikontrol," kata Wang Guangfa, anggota tim pakar medis nasional yang khusus mengatasi wabah tersebut.

Menurut dia, proporsi pasien yang parah sama dengan kasus-kasus pneumonia pada umumnya.

Wabah pneumonia berat pertama kali ditemukan di Ibu Kota Provinsi Hubei itu pada Minggu (5/1) lalu. Sebanyak 59 orang yang tinggal di sekitar pasar ikan di kota itu mengalami pneumonia yang tidak diketahui penyebabnya.

Sampai saat ini Kedutaan Besar RI di Beijing belum menerima laporan adanya warga negara Indonesia yang terjangkit virus misterius tersebut.

Di Provinsi Hubei terdapat 428 warga negara Indonesia yang seluruhnya berstatus mahasiswa. Sekitar 200 di antaranya tinggal di Wuhan dan kuliah di delapan kampus berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro