Ilustrasi/Medical News Today
Health

Riset : Ada Hubungan antara Merokok dan Depresi

Reni Lestari
Selasa, 14 Januari 2020 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar dari kita akrab dengan efek kesehatan fisik dari merokok, tetapi bisakah kebiasaan itu juga memengaruhi kesehatan mental dan emosi? Sebuah studi baru menemukan hubungan antara merokok dan depresi.

Prof. Hagai Levine dari Hebrew University di Jerusalem, Israel, adalah penulis senior dan koresponden dari makalah penelitian ini. Di dalamnya, Levine dan rekannya menjelaskan ada petunjuk dalam penelitian yang mengindikasikan merokok sebagai faktor predisposisi depresi.

Misalnya, depresi cenderung dua kali lebih mungkin di antara orang yang merokok daripada mereka yang tidak merokok, tetapi belum jelas penyebabnya. Beberapa peneliti bagaimana pun percaya bahwa merokok dapat menyebabkan depresi, bukan sebaliknya.

Terlebih lagi penelitian lain menemukan bahwa orang yang tidak pernah merokok umumnya memiliki kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan (HRQoL) yang lebih baik, serta lebih sedikit kecemasan dan depresi.

Jadi, untuk membantu menjelaskan masalah ini, Prof. Levine dan tim memutuskan untuk mempelajari hubungan antara HRQoL dan merokok di kalangan mahasiswa di Serbia. Beberapa penelitian telah meneliti hubungan ini di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Namun, lebih dari 25 persen orang yang tinggal di Serbia dan negara-negara Eropa Timur lainnya merokok, yang merupakan alasan lain bahwa mempelajari subjek ini dalam populasi ini menarik. Selanjutnya, sekitar sepertiga siswa di Serbia merokok.

Studi baru ini memasukkan data dari dua studi cross-sectional yang mengumpulkan informasi dari dua universitas, yakni Universitas Belgrade dan Universitas Pristina. Yang pertama memiliki sekitar 90.000 mahasiswa, dan yang terakhir memiliki sekitar 8.000 mahasiswa.

Dari jumlah ini, para peneliti mendaftarkan 2.138 siswa dalam studi mereka. Para siswa mengambil bagian dalam pemeriksaan kesehatan rutin antara bulan April dan Juni 2009 di Universitas Belgrade, dan antara bulan April dan Juni 2015 di Universitas Pristina.

Para peserta memberikan informasi tentang latar belakang sosial dan ekonomi mereka - seperti usia, status sosial, tempat lahir, dan pendidikan orang tua - serta informasi tentang kondisi kronis yang sudah ada sebelumnya. Mereka juga memberikan informasi tentang kebiasaan dan gaya hidup mereka, seperti status merokok, penggunaan alkohol, tingkat olahraga, dan kebiasaan makan.

Para peneliti mengklasifikasikan orang yang merokok setidaknya satu batang rokok per hari atau 100 batang rokok seumur hidup sebagai "perokok" untuk keperluan penelitian ini.

Untuk menilai HRQoL siswa, Prof. Levine dan rekannya meminta mereka untuk mengisi kuesioner yang terdiri dari 36 pertanyaan di delapan dimensi kesehatan.

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa memiliki skor BDI yang lebih tinggi dikaitkan dengan merokok. Selain itu, para siswa yang merokok dua sampai tiga kali lebih mungkin mengalami depresi klinis daripada mereka yang tidak pernah merokok.

Di Universitas Pristina, 14 persen dari mereka yang merokok mengalami depresi, sedangkan hanya 4 persen dari rekan-rekan mereka yang tidak merokok memiliki kondisi tersebut. Di antara mereka yang merokok di Universitas Belgrade, 19 persen mengalami depresi, dibandingkan dengan 11 persen dari mereka yang tidak merokok.

Mereka yang merokok juga secara konsisten memiliki gejala depresi dan kesehatan mental lebih buruk, sebagaimana tercermin dalam parameter "vitalitas" dan "fungsi sosial".

"Temuan ini menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut tentang interaksi antara merokok, kesehatan mental, dan kualitas hidup, dengan implikasi untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan," para penulis penelitian menyimpulkan.

Levine menambahkan, "Penelitian kami menambah bukti yang berkembang bahwa merokok dan depresi terkait erat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro