Ini 10 Spot Diving Terbaik di Dunia

Scuba diving menjadi tren hobi sekaligus olahraga kekinian. Aktivitas ini bisa memanjakan mata menikmati keindahan bawah laut. Para artis juga melirik aktivitas ini.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 03 Februari 2020  |  20:51 WIB
Ini 10 Spot Diving Terbaik di Dunia
Latihan Freediving - freediveinternational.com

Bisnis.com, JAKARTA— Olahraga menyelam belakangan menjadi tren di kalangan para artis. Sebut saja Hamish Daud, Nadine Chandrawinata, hingga Pevita Pearce yang kerap memamerkan hobinya itu di akun media sosial pribadi masing-masing. 

Setidaknya ada 2 jenis olahraga menyelam atau diving. Pertama, free diving yang dilakukan hanya dengan menggunakan peralatan menyelam dasar, seperti snorkel, masker, dan fins.  Kedua, scuba diving yang menggunakan peralatan selam lengkap dan profesional atau disebut dengan SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus). 

Apapun jenisnya, mereka yang melakukan kegiatan ini bukan hanya ingin merasakan dinginnya air laut. Mayoritas, menyelam dilakukan untuk melihat keindahan biota laut. Berikut 10 tempat terbaik untuk para divers di seluruh dunia menurut situs scubatravel.co.uk :

  1. Barracuda Point, Pulau Sipadan, Malaysia

Di lokasi ini, para divers bisa berenang bersama koloni ribuan ikan barakuda yang membentuk angin tornado di dalam laut. Anda juga bisa menemui penyu, ikan kerapu, napoleon, hingga hiu di Barracuda Point.

 

  1. Blue Corner, Palau, Micronesia

 Kalian bisa menikmati keindahan terumbu karang yang membentuk gua bawah laut di Blue orner. Beragam jenis spesies hiu juga daoat ditemukan di sini.

 

  1. The Yongala, Australia

Kapal karam di lepas pantai Quernsland ini menghantarkan anda untuk melihat keajaiban di bawah laut. Beragam jenis biota laut hidup dan tumbuh di sana. Para divers bisa menemui pari manta, ular laut, penyu, gurita, hiu banteng, hiu harimau, dan terumbu karang yang spektakuler di Yongala yang tenggelam saat topan pada tahun 1911 itu.

 

  1. Thistlegorm, Laut Merah, Mesir

Bekas kapal perang Inggris, Thistlegorm, yang tenggelam pada 1941 ini menjadi spot yang unik bagi para divers untuk menilik sejarah perang dunia kedua. Kapal yang diserang dari udara itu tenggelam dengan muatan pasokan perang seperti senapan, sepeda motor, gerbong kereta, dan truk.

 Image result for Thistlegorm, Laut Merah, Mesir"

  1. Hiu dan Karang Yolanda, Laut Merah, Mesir

Anda bisa mendapatkan 3 sensasi menyelam sekaligus pada spot ini. Anda bisa melihat langsung kumpulan anemon laut yang indah, karang tempat tinggal hiu, dan bangkai kapal Yolanda yang sempat hilang selama 20 tahun dan baru ditemukan pada 2005.

 

  1. Manta Ray Night Dive, Kailua Kona, Hawaii

Divers akan menemukan sensasi berenang bersama ikan pari manta yang merupakan spesies pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya hampir 7 meter. 

 

  1. Great Blue Hole, Belize

Lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize ini memiliki diameter lebih dari 300 meter dan kedalaman hingga 125 meter. Di kedalaman kurang dadi 30 meter, para divers masih bisa menemukan terumbu karang dan hiu yang sedang berenang. Namun jika berenang lebih dalam lagi apalagi sampai ke dasar, anda tidak akan menemukan apa-apa. Namun, lokasi ini tetap menjadi incaran para penyelam.

 Image result for Great Blue Hole, Belize"

  1. USAT Liberty, Bali, Indonesia

USAT Liberty adalah kapal kargo Angkatan Darat Amerika Serikat yang ditorpedo oleh kapal selam Jepang I-166 pada Januari 1942 dan mendarat di Pulau Bali, Indonesia. Bangkai kapal ini sangat populer di kalangan fotografer karena ditinggali beragam biota laut seperti terumbu karang, anemon laut, penyu sisik, ikan kertas.

 

  1. Richelieu Rock, Thailand

Di lokasi ini terdapat terumbu karang yang berbentuk tapal kuda. Anda bisa berenang dengan ikan kecil, udang harlequin dan ikan-ikan pelagis besar seperti hiu paus, manta ray, barakuda, dan kerapu.

 

  1. Navy Pier, Australia

Di lokasi ini Anda bisa menemui lumba-lumba atau merasakan sensasi menyelam di malam hari. Hiu moncong putih, gurita,  nudibranch, lion fish, scorpion fish juga banyak ditemukan di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diving

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top