Andrea Hirata/Antara
Entertainment

Kisah Obsesi Guru Aini dalam Novel Terbaru Karya Andrea Hirata

Rezha Hadyan
Senin, 3 Februari 2020 - 13:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Andrea Hirata meluncurkan novel terbaru yang mengangkat berjudul Guru Aini yang bercerita mengenai kehidupan seorang guru matematika.

Novel tersebut menggambarkan idealisme seorang guru bernama Bu Desi, yang mengajar matematika di pelosok. Bu Desi mempunyai sebuah obsesi, yakni menemukan murid yang jenius di bidang matematika.

Akan tetapi, untuk mengejar obsesi tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan lantaran hitung-hitungan angka masih menjadi momok bagi banyak pelajar di Tanah Air, terlebih di pelosok yang serba kekurangan.

Bu Desi tak patah semangat hingga akhirnya bertemu dengan murid  berdaya tangkap rendah tapi punya semangat juang tinggi. Dia mencoba berbagai cara dan metode ajar demi memberikan pemahaman matematika kepada Aini.

Andrea mengatakan proses riset novel Guru Aini tidaklah mudah. Bahkan, dia harus menempuh hampir dua tahun mencari referensi terkait pelajaran matematika yang menjadi ide dasar novel ini

"Jadi, ini setelah menulis 11 novel, ini memang tantangan paling sulit, novel yanh paling sulit. Di sisi lain saya sadar buku ini akan dibaca oleh guru matematika. Saya kan pernah belajar matematika. [Tetapi] saya tidak pernah mengajar matematika," kata Andrea Hirata saat ditemui dalam peluncuran novel Guru Aini di Jakarta, Minggu (2/2/2020) dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, pria yang awalnya dikenal lewat novel Laskar Pelangi itu menjelaskan bahwa dirinya harus menghabiskan waktu untuk proses riset.  Dia menyebut sempat kesulitan saat harus menuangkan kata-kata untuk menceritakan tentang kalkulus.

"Ini spesifik kalkulus dan kalkulus itu tema yang bagaimana membunyikannya dalam bahasa novel ini rumit, namun alhamdulillah kemudian saya menemukan caranya," ungkapnya.

Andrea menambahkan Guru Aini merupakan prekuel dari novel Orang-Orang Biasa yang terbit tahun lalu. Saat ini novel Guru Aini sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat kesayangan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro