Perempuan Indonesia Mulai Merawat Wajah Sejak Usia 13 Tahun

Penampilan adalah faktor yang penting dalam kehidupan sehari hari para wanita. Beberapa wanita Indonesia menggunakan produk skincare, makeup, dan ke klinik kecantikan secara teratur untuk meningkatkan penampilan dan wajah cantik alami mereka.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  11:57 WIB
Perempuan Indonesia Mulai Merawat Wajah Sejak Usia 13 Tahun
Ilustrasi - Howtodomyhair

Bisnis.com, JAKARTA - Penampilan adalah faktor yang penting dalam kehidupan sehari hari para wanita. Beberapa wanita Indonesia menggunakan produk skincare, makeup, dan ke klinik kecantikan secara teratur untuk meningkatkan penampilan dan wajah cantik alami mereka.

Zap Clinic, bersama MarkPlus Inc. membuat survei yang terangkum dalam Zap Beauty Index 2020, kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019 untuk mengetahui sejauhmana perempuan merawat wajahnya.

Survei ini mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun). ZAP Beauty Index 2020 membagi potret industri kecantikan ke dalam tiga segmen, yakni Let’s Talk about Beauty, Beauty Beyond Words, dan Beauty in Action.

Lalu, sejak usia berapa wanita Indonesia mulai merawat penampilan mereka? Dari hasil survei tersebut terbukti bahwa sebagian dari wanita Indonesia telah memulai mencoba berbagai macam produk dan treatment kecantikan sejak usia dini. Faktanya, beberapa wanita Indonesia bahkan telah memakai produk skincare, makeup, dan menjalani perawatan di klinik kecantikan sejak sebelum berusia 13 tahun.

Hampir seluruh wanita Indonesia (43,3%) menggunakan make-up pertama kali sebelum usia 13 tahun dan ada 13,3% wanita Indonesia yang belum pernah menggunakan make-up hingga mereka berusia diatas 35 tahun.

Lantas, kapan perempuan memutuskan untuk pergi ke klinik kecantikan untuk merawat wajahnya. Berdasarkan survei itu, disebutkan bahwa 1 dari 4 wania Indonesia telah melakukan treatment di klinik kecantikan sejak remaja yaitu sebelum 19 tahun.

Dan faktanya, hanya ada 2,5% wanita Indonesia yang tidak pernah melakukan treatment kecantikan sama sekali hingga mereka berusia >35 tahun.

"Dalam survei tahun ini, ZAP Clinic bersama MarkPlus Inc., mengupas lebih banyak fakta-fakta menarik di dunia kecantikan dengan memotret journey dari customer behavior perempuan Indonesia dalam dunia kecantikan. Lebih komprehensif dibandingkan tahun lalu, survei ini juga memotret lebih banyak responden yang mewakili tiga generasi sekaligus (X, Y, dan Z)." ujar Fadly Shahab CEO ZAP Clinic.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perawatan wajah

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top