Cara Merawat Miss V Tetap Harum

Apakah kamu sudah membersihkan vagina atau Miss V kamu dengan benar?
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  05:31 WIB
Cara Merawat Miss V Tetap Harum
kesehatan vagina atau miss V. - boldsky

Bisnis.com, JAKARTA – Organ kewanitaan adalah alat vital yang sangat sensitif. Tentunya, organ kewanitaan ini harus dirawat dan dibersihkan setiap saat.

Alat vital pada perempuan atau vagina ini memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Vagina atau yang sering disebut Miss V ini bisa mengeluarkan cairan vagina. Nah cairan Miss V berwarna bening.

Keluarnya cairan putih pada Miss V adalah kondisi normal, selama cairan tersebut tak berwarna kuning dan tak berbau. Cairan yang keluar juga tak menyebabkan rasa gatal atau nyeri.

Nah, setelah mengenal kondisi vaginamu, organ ini harus selalu dijaga dan dibersihkan, karena sangat rentan terserang virus atau bakteri. Sebab, area kewanitaan ini adalah area yang cenderung lembab.

Bagaimana cara menjaga organ vital ini tetap beraroma wangi alami dan tak berbau? Simak beberapa tips di bawah ini

1. Jangan pakai celana terlalu ketat

Celana yang sangat ketat akan membuat ruang bergerak ladies semakin terbatas. Kondisi ini akan membuat miss V kamu berkeringat dan lembab. Ini bisa membahayakan Miss V kamu ya.

Karena Miss V adalah area yang vital, maka berikan dia ruang untuk bernafas. Caranya, gunakan celana yang sedikit longgar agar ada udara segar masuk.

2. Strategi membersihkan

Saat membuang air besar atau membuang air kecil, maka ladies juga harus membersihkan dengan teliti. Usai buang air besar (BAB), biasanya orang-orang membersihkan pakai sabun dan air, tetapi cara mengelapnya juga berbeda.

Untuk perempuan, usai BAB, maka basuhlah dengan air dari depan ke belakang. Begitu juga saat mengeringkan, lap dari depan ke belakang.

Menyeka dari bagian depan ke belakang akan mengindari bakteri dari anus masuk ke dalam Miss V kamu. Keringkan dengan baik, seperti menggunakan handuk atau tisu. Jangan sampai lembab saat memakai celana dalam kembali.

3. Kurangi makanan berbau amis dan zat kimia

Miss V normal memiliki aroma yang sangat khas. Biasanya, aroma ini juga sangat sensitif dengan akan berkaitan dengan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Apalagi terhadap makanan yang mengandung bahan kimia terlalu banyak.

Memang di era sekarang ini, makanan kemasan sudah banyak mengandung pengawet dan perasa, untuk ladies ingin memiliki Miss V sehat, sangat disarankan mengurangi konsumsi makanan tersebut dan mulaikan memperbanyak makan sayur dan buah.

4. Jangan pakai cairan pewangi

Saat ini, sangat banyak sekali pariwara yang mempromosikan produk kewanitaan pengharum vagina. Hal tersebut sangat tak disarankan di dunia kesehatan ya ladies. Aroma tersebut mengandung zat kimia dan bisa mengganggu pH yang ada di area kewanitaanmu.

5. Jaga vagina selalu kering

Kuman dan bakteri sangat senang tinggal di area yang lembab. Bila ladies membuang air kecil, maka siramlah dari depan ke belakang, lalu keringkan.

Ingat lagi, keringkanlah dari depan ke belakang. Oh ya, bila ladies memiliki rambut kemaluan yang lebat, maka butuh effort untuk mengeringkan lebih teliti ya.

Untuk ladies yang sedang menstruasi, maka sangat disarankan untuk menggantikan pembalut dalam rentang waktu 2-3 jam. Tujuannya, agar vagina tidak memiliki aroma anyir dari darah menstruasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seks

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top