Waspada, Ini 7 Kebiasaan Pemicu Gemuk

Kegemukan menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti karena memberikan efek samping terhadap penyakit lain seperti diabetes, serangan jantung, hingga stroke.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  10:45 WIB
Waspada, Ini 7 Kebiasaan Pemicu Gemuk
kegemukan - Boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kegemukan menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti karena memberikan efek samping terhadap penyakit lain seperti diabetes, serangan jantung, hingga stroke.

Ada banyak kebiasaan yang memicu seseorang menjadi gemuk. Apalagi dengan kondisi body mass index (BMI) di atas 30.

Dikutip dari Boldsky, Rabu (12/2/2020), ada sejumlah hal yang memicu kegemukan misalnya; kebiasaan makan yang tidak tepat, faktor genetik, hormon dan metabolisme tubuh yang mempengaruhi berat badan. 

Beberapa faktor utama dan seringkali mempercepat kegemukan antara lain;

1. Tidak sarapan
Umumnya anda tidak sarapan pagi karena mengikuti tren diet yang tidak tepat. 

2. Tidak mengontrol berat badan
Ciri-ciri bahwa anda tidak memperhatikan berat badan adalah ketika anda tetap mengonsumsi makanan tinggi kalori yang memicu penimbunan lemak.

3. Kurang tidur dan terlalu banyak tidur
Perut yang membuncit disebabkan oleh pola tidur yang tak teratur. Kurangnya waktu tidur membuat perubahan hormon dan menyebabkan kelaparan pada jam malam. Alhasil, karena lapar ada kecenderungan memakan makanan tinggi kolesterol di malam hari.

4. Makan sambil menonton TV
Kebiasaan makan sambil menonton TV juga memicu kegemukan. Pasalnya, kebiasaan ini akan ikut mengganggu hormon saat proses mencerna makanan 

5. Makan berlebihan
Kebiasaan yang satu ini jelas memicu kegemukan. Makan dengan porsi yang berlebihan akan menimbun lebih banyak lemak jika tak disertai aktivitas atau olahraga yang bisa membakar kalori.

6. Penuaan
Usia tidak bisa bohong loh! Penyebab kegemukan atau perut buncit juga seringkali dikarenakan usia yang menua, sehingga kerja otot dalam mencerna kalori tidak sekuat sebelumnya. Proses penumpukan kalori akan memicu kegemukan.

7. Melewatkan jadwal makan dan makan terlalu cepat
Dua kebiasaan ini juga memicu kegemukan. Jika anda cenderung sering melewatkan jadwal makan, dan melakukan kebiasaan makan cepat, proses pengunyahan makanan tidak optimal. Dua kebiasaan ini selain bisa memicu kegemukan juga bisa memicu penyakit maag loh!

Demikian 7 pemicu kegemukan yang perlu kami waspadai. Mari membiasakan diri hidup sehat dimulai dengan mengatur jenis dan porsi makanan ke dalam tubuh kita.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gemuk

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top