5 Olahan Sarapan Dengan Biji Gandum

Oat menjadi biji-bijian tersehat dari biji-bijian lain dan menjadi sumber vitamin, anti oksidan dan mineral selain serat.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  12:50 WIB
5 Olahan Sarapan Dengan Biji Gandum
Gandum dan tepung terigu. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Biji gandum atau Oat adalah biji-bijian yang sehat, bernutrisi dan bisa menjadi salah satu pilihan bahan makanan yang untuk sarapan pagi hari dari banyaknya pilihan makanan yang tersedia.

Protein yang terkandung dalam oat dapat membantu merendahkan level kolesterol dan bisa mengontrol selera makan, Indeks Glycemic yang ada di oat juga dapat mencegah tingginya glukosa dalam tubuh.

Bernama ilmiah Avena Sativa, oat adalah tipe sereal yang dikonsumsi di seluruh dunia dengan bentuk oatmeal. Oat menjadi biji-bijian tersehat dari biji-bijian lain dan menjadi sumber vitamin, anti oksidan dan mineral selain serat.

Dilansir dari boldsky.com, oat dengan mudahnya bisa menjadi bahan makanan masyarakat, ini dia lima ide oat untuk menjadi makanan sehari-hari:

1.Gandum dengan buah-buahan
Oat dicampur dengan buah-buahan bisa menjadi pilihan makanan yang kaya dengan nutrisi. Apabila anda telat dan tidak sempat sarapan, anda bisa mencampur oat dan mendekorasinya dengan buah-buahan yang ada di rumah anda. Masak oat dengan air atau susu dan dekorasi dengan buah seperti apel atau berry.

2. Gandum yang didiamkan semalam dengan buah-buahan kering
Makanan ini sangat popular untuk sarapan karena praktis. Untuk menyiapkan, masak oat dan masukkan ke dalam tempat seperti kontainer gelas dan dicampur biji chia, satu sendok makan madu dan pilihan makanan sehat lainnya. Tutup wadah lalu diamkan semalam di dalam kulkas semalaman atau minimal enam jam. Paginya anda bisa makan oat ini sembari berangkat bekerja

3. Kayu Manis dan Gandum
 Campuran makanan ini adalah makanan yang sangat lezat dan sehat karena mengandung antioksidan, anti inflamasi dam anti-diabetes. Cara memasaknya, saat memasak oat cukup tambahkan satu sendok makan kayu manis dan keju rendah lemak lalu masak bersamaan.

4. Gandum Upma
Untuk anda yang tidak menyukai olahan gandum yang manis, pilihannya adalah oat upma. Oat upma bisa dibuat dengan cara memasaknya dengan sayur favorit anda dan dicampur jinten, mustard serta irisan bawang. Setelah tercampur, anda bisa menambahkan garam dan lada untuk rasa yang optimal.

5.Pancake Gandum
Pancake oat terkenal telah menjadi pilihan sarapan nomor satu, karena sehat dan mengenyangkan. Cara membuatnya siapkan oat dan susu hangat, tepung gandum, gula, baking powder dan sedikit garam juga kayu manis. Tuang di wajan dan tunggu hingga matang lalu dibalik,  setelah matang merata sajikan dengan madu.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gandum

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top