Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Mengatasi Rasa Duka Usai Kehilangan Seseorang

Psikiater di Smart Mind Center Rumah Sakit Gading Pluit, Andreas Kurniawan, menjelaskan banyak penelitian yang menyebutkan jika rasa duka seperti yang dialami BCL bisa bertahan selama enam bulan.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 21 Februari 2020  |  07:03 WIB
Ilustrasi menangis - News.com.au
Ilustrasi menangis - News.com.au

Bisnis.com, JAKARTA - Wafatnya aktor Ashraf Sinclair meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Khususnya bagi Bunga Citra Lestari (BCL) sebagai istri.

Psikiater di Smart Mind Center Rumah Sakit Gading Pluit, Andreas Kurniawan, menjelaskan banyak penelitian yang menyebutkan jika rasa duka seperti yang dialami BCL bisa bertahan selama enam bulan. Meski demikian, orang-orang yang berduka tentu ingin segera menyudahinya, bukan?

Untuk itu, Andreas pun membagikan tips. Pertama, ia mengimbau agar setiap orang dapat mencari pengalih. Ini bisa berupa aktivitas yang membahagiakan.

“Misalnya, kalau suka bermain di taman, lakukan itu untuk menghilangkan rasa duka,” katanya saat ditemui di Perpustakaan Pusat Jakarta pada Rabu, 19 Februari 2020.

Mendekatkan diri dengan orang-orang yang humoris juga disarankan Andreas. Ia mengatakan mereka memiliki interaksi sosial yang positif.

“Ini membuat Anda yang mendengarkan leluconnya menjadi lebih aman dan nyaman. Dunia Anda pun menjadi lebih bahagia daripada dikelilingi dengan masalah,” katanya.

Apabila kedua hal tersebut tidak membantu dan Anda tetap merasa sedih akibat duka, maka Andreas menyarankan untuk melakukan konsultasi pada ahli. Ini bisa kepada psikolog ataupun psikiater.

“Kami bisa membantu berdasarkan ilmu yang telah kami pelajari. Tidak perlu takut untuk berkonsultasi, apalagi jika sudah menimbulkan reaksi tak wajar seperti sulit tidur dan depresi,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikiater

Sumber : Tempo.co

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top