Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Modalku dan Shopee Berkolaborasi Berikan Pinjaman Usaha

Modalku dan Shopee menjalin kerja sama untuk memberikan pendanaan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  10:59 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Modalku bersama Shopee berkolaborasi dalam menyediakan solusi pendanaan kepada UMKM yang tergabung di Shopee melalui proses daring yang sederhana.

Program pinjaman usaha berbasis teknologi informasi tanpa jaminan ini merupakan bentuk upaya Modalku dan Shopee dalam mendukung UMKM meningkatkan penjualannya.

Penjualan melalui platform dagang elektronik (dagang-el) terus menunjukkan pergerakkan yang positif. Penelitian yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company dalam e-Conomy SEA 2019 menunjukkan bahwa jumlah orang di Asia Tenggara yang melakukan transaksi secara online di tahun 2019 sebesar 150 juta orang atau meningkat 3 kali lipat dibanding tahun 2015.

Di Indonesia sendiri, jumlah transaksi melalui dagang-el pada 2019 meningkat 88 persen dibandingkan dengan 2015, mencapai hampir US$21 miliar dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

Pertumbuhan industri dagang-el tentunya sejalan dengan perkembangan UMKM yang menjual produknya secara daring. Namun dalam memenuhi permintaan pembeli yang terus meningkat, seringkali UMKM ini terkendala modal untuk menambah stok barang.

Pinjaman modal usaha yang disediakan oleh Modalku & Shopee memungkinkan para penjual untuk mendapatkan dana tambahan dengan persyaratan yang mudah.

Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan bahwa kolaborasi ini menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan #SejutaMimpi para UMKM yang layak berkembang dengan menyediakan akses ke pendanaan.

"Shopee sebagai salah satu platform e-commerce yang sedang berkembang pesat saat ini memiliki visi yang sejalan dengan Modalku dalam hal mendukung usaha merchant online. Melalui kolaborasi ini, Modalku terus berkomitmen untuk menjadi platform fintech P2P lending pilihan merchant online di Indonesia," ujarnya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Kamis (5/3/2020).

Penjual di Shopee bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari Rp5 juta hingga Rp250 juta dengan suku bunga pinjaman yang terjangkau. Seluruh proses pengajuan dilakukan melalui aplikasi Shopee dan hanya memakan waktu maksimal 3 hari kerja untuk proses pencairan dananya.

Sampai dengan bulan Februari, ribuan penjual di Shopee sudah menggunakan dan merasakan manfaat dari pinjaman modal usaha ini. Sebagian besar dari penjual ini menggunakan dana yang didapatkan untuk pembelian stok produk.

Modalku menyediakan layanan P2P lending, dimana peminjam yakni UMKM yang berpotensi, bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies. Pada bulan Februari 2020, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha lebih dari Rp12 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm shopee Modalku
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top