Salah satu #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersedia untuk mengumpulkan beragam sampah plastik dan kardus bekas untuk selanjutnya didaur ulang./Istimewa
Fashion

Pengurangan Sampah Plastik, Blibli Kampanyekan #AksiCintaBumi

Yudi Supriyanto
Kamis, 5 Maret 2020 - 15:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka pengurangan penggunaan plastik dalam operasional bisnisnya, Blibli menyelenggarakan program kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi.

Program kampanye ini ditujukan untuk mengedukasi karyawan dan mengajak pelanggan Blibli mulai menjalankan gaya hidup peduli lingkungan untuk kelangsungan hidup alam Indonesia yang sehat dan bersih.

Melalui program kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli mengajak karyawan dan pelanggannya untuk mengelola sampah plastik dan mengembalikan kardus bekas yang mereka miliki, baik dari hasil berbelanja di Blibli ataupun dari tempat lain. Sampah plastik dan kardus bekas ini dapat diberikan ke Blibli melalui kurir BES pada saat mereka mengantar barang pesanan kepada pelanggan atau melalui  #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersebar di berbagai titik lokasi Jabodetabek.

Inisiatif ini menjadi salah satu upaya Blibli dalam mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada tahun 2050.

Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli mengungkapkan pihaknya senang dan bangga dapat menjadi perusahaan dagang el pertama yang aktif mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan hidup khususnya untuk pengurangan plastik di dalam model bisnisnya

"Blibli juga ingin menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengajak masyarakat dan mendorong ekosistem untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang kardus bekas, sehingga tidak langsung menjadi sampah, tetapi diubah fungsi menjadi wrapping paper untuk membungkus barang pesanan yang akan dikirimkan ke pelanggan kami," tuturnya dalam siaran pers yang diterima oleh Bisnis.com pada Kamis (5/3/2020).

Program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli terhadap kepedulian lingkungan berkelanjutan yang terbagi dalam dua pilar utama, termasuk diantaranya adalah Program 5 S dalam organisasi internal, antara lain Safe energy, Self-service, Say no to plastic cup, Safe the earth – get healthy, take the stairs, dan Serve indoor & outdoor plant:

Adapun, untuk program kampanye #BlibliCintaBumi Collection Boxes: sebagai tahap awal, Blibli menyediakan enam kotak pengumpulan kardus bekas di Gedung Sarana Jaya – Jakarta Pusat, KS Tubun – Jakarta Barat, Cawang - Jakarta Timur, WTC Mangga Dua – Jakarta Utara, dan Serpong.

Lebih jauh, Blibli akan terus memperluas jumlah #BlibliCintaBumi Collection Boxes dan cakupan titik lokasinya ke berbagai wilayah di Indonesia. Beragam sampah plastik dan kardus bekas yang telah dikumpulkan, akan dipilih oleh Blibli untuk selanjutnya didaur ulang menjadi filler material yang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti plastik bubble wrap di dalam kemasan Blibli.

Selain itu, menurut Lisa untuk semakin meningkatkan antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam program kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli memberikan tote bag ramah lingkungan bagi 1.000 orang pertama yang berkontribusi dalam pengembalian kardus bekas melalui kurir BES yang datang saat mengantar barang pesanan di wilayah Jabodetabek.

Setiap tote bag dapat digunakan oleh para pelanggan untuk menampung sampah plastik dan kardus bekas belanja yang nantinya dikembalikan ke kurir BES agar dapat didaur ulang.

Inisiatif ini sudah dimulai sejak 21 Februari 2020, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional dan akan terus berlanjut sepanjang 2020. Hingga saat ini sudah terdapat ratusan pelanggan yang telah mengembalikan kardus bekas ke BES.

“Kami senang melihat antusias masyarakat yang berpartisipasi dalam program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi. Kami harap kesadaran diri akan kepedulian lingkungan, tindakan lebih bijak dalam mengurangi penggunaan plastik, dan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dapat terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari guna terciptanya lingkungan yang nyaman, bersih, dan lestari.” tutup Lisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro